Jokowi Kembali Lanjutkan Normalisasi Ciliwung, Tinggal 17 Kilometer

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 21 Februari 2023 | 16:05 WIB
Presiden Jokowi tinjau Normalisasi Sungai Ciliwung/ Tangkapan layar YouTube
Presiden Jokowi tinjau Normalisasi Sungai Ciliwung/ Tangkapan layar YouTube

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan akan kembali memulai proyek normalisasi Sungai Ciliwung yang masih tersisa 17 kilometer.

Menurut Jokowi, pengerjaan kembali proyek yang sudah lama mangkrak itu menyusul adanya beberapa titik lahan yang sudah dilakukan pembebasan.

"Normalisasi kali Ciliwung tinggal 17 kilo, kira-kira 17 kilo. Setelah berhenti agak lama, ini akan segera kita mulai karena akan ada beberapa titik yang sudah di bebaskan," kata Jokowi saat meninjau lokasi normalisasi Ciliwung, di Jakarta Selatan, Selasa, 21 Februari 2023.

Jokowi menjelaskan, sejumlah titik yang pembebasan lahannya sudah tuntas, pelaksanaan pembangunan konstruksi sudah bisa dikerjakan.

"Misalnya di Rawa Jati, segera bisa dimulai konstruksinya, fisikalnya oleh kementerian PU," ujarnya.

Jokowi menargetkan, dalam dua tahun mendatang, normalisasi sepanjang 17 kilometer tersebut sudah bisa dirampungkan.

Dengan rampungnya proyek normalisasi ini, ia berharap akan mengurangi banjir yang kerap menghantui warga DKI Jakarta.

"Kita harapkan, saya berikan target tadi dalam dua tahun, artinya akhir 2024 yang 17 kilometer itu insyaallah selesai. Sehingga normalisasi sungai Ciliwung betul-betul rampung," ucap Jokowi.

"Dan ini akan mengurangi, sangat mengurangi yang namanya banjir. Karena air yang dari atas juga ditahan oleh Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi," tandasnya.sinpo

Komentar: