Polri Nyatakan Dosen UII Tidak Hilang

Laporan: Sinpo
Selasa, 21 Februari 2023 | 00:55 WIB
Dosen UII, Ahmad Munasir Rafie Pratama, dilaporkan hilang
Dosen UII, Ahmad Munasir Rafie Pratama, dilaporkan hilang

SinPo.id -  Kadiv Hubinter Polri Irjen Krishna Murti mengatakan Dosen UII Yogya, Ahmad Munasir Rafie Pratama tidak hilang melainkan sengaja mengubah rute penerbangan dari Oslo, Norwegia. Menurut dia, Ahmad Munasir mengubah rute penerbangan tanpa memberitahu siapapun.

"Yang bersangkutan tidak hilang. Tapi mengubah rute tanpa beri tahu siapapun. Sudah terdeteksi (lokasinya,-red),"  kepada wartawan, Senin 20 Februari 2023. 

Polri sudah mengetahui keberadaan Ahmad Munasir. Namun, dia belum bisa membeberkan penyebab Ahmad Munasir melarikan diri.

Rektor UII Yogyakarta, Fathul Wahid, terakhir kali bertemu dengan Ahmad Munasir di Oslo, Norwegia pada Sabtu malam 11 Februari 2023. 

Ahmad Munasir hilang sepulang dari Oslo, Norwegia usai mengikuti aktivitas mobilitas global di University of South-
Eastern Norway (USN). 

Ahmad Munasir terdeteksi masuk ke Amerika melalui Bandara Boston pada 13 Februari 2023 lalu. Informasi tersebut juga dikuatkan berdasarkan keterangan dari pihak keluarga.

"Temuan ini didasarkan pada data dari United States Customs and Border Protection (US CBP). Begitu juga, UII belum mengetahui misi atau alasan mengapa Rafie menuju Boston sekembalinya dari Oslo melalui Istanbul, dan tidak langsung ke Indonesia. Sampai saat ini, Rafie belum bisa dihubungi," kata Rektor UII Fathul Wahid pada Minggu 19 Februari 2023. 

Pasca kegiatan di Oslo, Tim UII sendiri terbagi dalam tiga penerbangan berbeda. Rafie sendirian dalam penerbangan kembali ke Indonesia, melalui Istanbul, Turki. Rute yang dia tempuh Oslo-Istanbul-Riyadh-Istanbul-Jakarta, sesuai dengan tiket yang dibelikan oleh panitia.
 sinpo

Komentar: