Polri Hentikan Sementara Evakuasi Kapolda Jambi dan Rombongan karena Cuaca Buruk

Laporan: Sigit Nuryadin
Senin, 20 Februari 2023 | 19:35 WIB
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)

SinPo.id -  Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan evakuasi Kapolda Jambi dan rombongannya akan dihentikan sementara pada Senin, 20 Febuari 2023. Menurut dia, proses penghentian evakuasi karena
cuaca yang buruk.

"Kendala utama ini cuaca sudah ada angin berkabut akan ada petir maka prosesnya akan dihentikan. Sampai saat ini proses evakuasi jalur udara dihentikan," kata  di Mabes Polri, Senin, 20 Febuari 2023.

Dedi mengatakan, bahwa batas waktu evakuasi dari tim gabungan yang ada di Merangin dan Kerinci pada pukul 20.00 WIB. Namun, jika cuaca membaik akan dilanjutkan.

"Apabila jam 8 hari ini cuaca tidak memungkinkan, maka evakuasi dilakukan besok pagi," tuturnya.

Lebih lanjut, Dedi mengungkapkan, pihaknya akan memfokuskan evakuasi dari tim udara, karena lokasi kejadian jatuhnya helikopter yang membawa rombongan Kapolda Jambi itu di tebing terjal.

Apalagi, kata Dedi, jika jalur darat akan menempuh waktu 12 jam perjalanan dari Kerinci ke Merangin.

"Utama kami mencoba evakuasi lewat jalur udara karena kami anggap lebih efektif dan efesien mempercepat proses. Jalur darat waktu tempuh 12 jam," kata Dedi.

Dedi menambahkan, jika tim medis akan mendampingi awak helikopter terus-menerus hingga proses evakuasi selesai.

"Itu di tebing terjal. Pakai heli pun tidak bisa langsung turun vertikal, harus turun di satu tebing dulu baru jalan lagi ke titik heli mendarat darurat," ujar dia.

sinpo

Komentar: