DPR Nilai Rangkap Jabatan Menpora sebagai Waketum PSSI Berpotensi Konflik

Laporan: Juven Martua Sitompul
Minggu, 19 Februari 2023 | 12:57 WIB
Zainudin Amali/Kemenpora
Zainudin Amali/Kemenpora

SinPo.id -  Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda menilai rangkap jabatan Menpora Zainudin Amali sebagai Waketum PSSI berpotensi terjadinya konflik kepentingan. Sebab, jabatan Menpora jelas menaungi semua olahraga, bukan hanya sepak bola.

"Jadi memang yang terkait langsung kira-kira di mata publik berpotensi terjadi conflict of interest memang Pak Menpora," kata Huda kepada wartawan, Jakarta, Minggu 19 Februari 2023.

Di sisi lain, politikus PKB ini menyambut baik sikap berani Zainudin yang menyatakan bakal menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait persoalan ini. Zainudin bahkan siap mundur sebagai Menpora jika memang tak mendapat izin dari Kepala Negara.

"Dan sikap Pak Menpora saya kira gentle karena beliau menyampaikan akan menyerahkan kepada presiden, kata Pak Menpora prinsipnya apapun keputusan Pak Presiden, mundur atau tetap sebagai Menpora beliau akan menunggu arahan terkait dengan itu," kata dia.

Huda juga yakin Jokowi bisa memberikan penilaian terhadap kinerja dua menterinya yang rangkap jabatan. Termasuk, perlu atau tidaknya Zainudin dari posisi Menpora.

"Tentu kita kembalikan ke presiden ya, apakah dengan jabatan baru dua menteri ini mengganggu kinerja atau tidak. Karena memang ini betul-betul subyektivitas presiden untuk mengukur, memastikan apakah yang bersangkutan perlu mundur atau tidak," kata Huda.

Kendati begitu, Huda yakin pengelolaan PSSI di tangan dua menteri pemerintah Joko Widodo (Jokowi) akan memberikan dampak positif. Setiap kebijakan PSSI diyakini bakal sejalan dengan keinginan pemerintah.

"Jadi keuntungannya ketika posisi ini diisi oleh menteri yang mewakili pemerintah hampir pasti kelihatannya gap selama ini pihak federasi bola dengan pemerintah akan relatif tidak ada lagi kelihatannya," kata dia.sinpo

Komentar: