Antisipasi Terulangnya Tragedi Ciki Ngebul, DPR: BPOM Jangan jadi Pemadam Kebakaran

Laporan: Sinpo
Jumat, 17 Februari 2023 | 20:35 WIB
Ciki ngebul/ YouTube
Ciki ngebul/ YouTube

SinPo.id - Komisi IX DPR RI menyoroti penggunaan nitrogen cair pada jajanan smoked-ice atau 'ciki ngebul' (cikibul). Hal itu diungkapkan Anggota Komisi IX DPR RI Putih Sari lantaran ditemukannya sejumlah kasus gejala keracunan makanan pada anak setelah mengkonsumsi jajanan tersebut.

"Sebenarnya sudah berapa lama sih penggunaan bahan kimia seperti nitrogen cair ini, diperbolehkan atau tidak diperbolehkan?," kata Putih Sari dikutip dari Parlementaria, Jumat, 17 Februari 2023.
 
Lebih lanjut, Putih Sari meminta BPOM untuk berperan aktif melakukan pengawasan terhadap  makanan yang beredar di masyarakat. Menurut dia, adanya penemuan kembali kasus gagal ginjal akut telah membuat masyarakat khawatir.

"Jangan sampai BPOM jadi pemadam kebakaran lah, kalau muncul kasus, baru mulai ada pengawasan atau pemeriksaan. Kalau belum, yah tenang-tenang aja. Padahal, setau saya makanan nitrogen ini sudah lama beredar di masyarakat," kata dia.

Berdasarkan pernyataan BPOM yang mendapati sebagian besar nitrogen cair digunakan bukan untuk makanan. Putih Sari menilai masyarakat belum terinformasikan dengan baik terkait food grade dan non food grade, sehingga kerap kali nitrogen cair dipakai dalam pengolahan dan penyajian makanan.

"Harusnya ada panduan atau pedoman dalam penggunaan-penggunaan bahan kimia yang punya resiko dari BPOM, sehingga tidak muncul kasus seperti ini," kata dia.

Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher juga menyoroti hal sama. Netty menyayangkan BPOM baru menerbitkan mitigasi pencegahan penggunaan nitrogen cair dalam jajanan anak pada Januari 2023.

"Sangat disayangkan pedoman mitigasi baru keluar januari 2023, padahal kalau kita bicara produk pangan olahan, kecepatan masyarakat membangun kreativitas pangan dan olahan ini luar biasa. Cepat, mudah dan murah, udah nggak dihitung lagi sehatnya," papar Netty.sinpo

Komentar: