Kemacetan Jakarta

Atasi Kemacetan Jakarta, DPRD DKI Minta Bus Sekolah Dimaksimalkan

Laporan: Khaerul Anam
Kamis, 16 Februari 2023 | 16:58 WIB
Ilustrasi bus sekolah  (SinPo.id/dok. Pemda Jakarta Utara)
Ilustrasi bus sekolah (SinPo.id/dok. Pemda Jakarta Utara)

SinPo.id -  Komisi B DPRD DKI Jakarta minta Dinas Perhubungan setempat minta keberadaan bus sekolah dimaksimalkan untuk mengatasi kemacetan. Hasil evaluasi DPRD menunjukkkan perjalanan bus sekolah dari rumah menuju sekolah yang belum terkoneksi dengan baik.

“Terkait bus sekolah, ini harus jadi atensi. Dalam melakukan kajiannya, arahkan ini berbasis kawasan, karena sekarang kan sekolah ini sudah zonasi, diupayakan yang crossing antar wilayah itu semakin berkurang saat ini,” kata Ketua Komisi B DPRD DKI, Ismail, Kamis 16 Februari 2023.

Menurut Ismail, kemacetan di Jakarta turut disumbang dengan banyaknya orang tua yang mengantar jemput anaknya ke sekolah menggunakan kendaraan pribadi.
 

Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Gilbert Simanjuntak juga mendorong Dishub DKI agar menambah jumlah bus sekolah yang menghubungkan rumah siswa ke sekolah.

“Bus sekolah itu ditambah saja. Itu akan mengurangi beban kemacetan di area sekolah,” ujar Gilbert.

Polda Metro Jaya menyebutkan indeks kemacetan di Jakarta saat ini diperkirakan sudah mencapai di atas 50 persen seiring terkendalinya pandemi Covid-19 dan dicabutnya pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Sedangkan jumlah kendaraan yang lalu lalang di DKI Jakarta, berdasarkan data Polda Metro Jaya diperkirakan mencapai sekitar 22 juta unit per hari.

 sinpo

Komentar: