Kinerja Ekspor Indonesia Alami Pertumbuhan yang Cukup Baik

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 16 Februari 2023 | 18:13 WIB
Febrio Nathan Kacaribu/Kemenkeu
Febrio Nathan Kacaribu/Kemenkeu

SinPo.id -  Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Febrio Kacaribu, mencatat kinerja ekspor Indonesia mengalami pertumbuhan yang cukup baik. Meningkat sebesar 16,37 persen (yoy) atau mencapai USD22,31 miliar.

Pertumbuhan itu didukung oleh peningkatan ekspor migas maupun nonmigas, yang masing-masing meningkat sebesar 65,03 persen (yoy) dan 13,97 persen (yoy).

"Beberapa komoditas utama yang mendukung positifnya kinerja ekspor di antaranya logam mulia dan perhiasan atau permata, serta karet dan barang dari karet," kata Febrio, Kamis 16 Februari 2023.

Di samping itu, ekspor ke negara mitra dagang utama juga tetap mencatatkan pertumbuhan yang kuat. Ekspor produk nonmigas ke Tiongkok yang mencapai 25,2 persen dari total ekspor non-migas tumbuh sebesar 49,4 persen (yoy).

Diikuti dengan ekspor nonmigas ke kawasan ASEAN, yang berkisar 18,9 persen dari total ekspor nonmigas dan India 6,5 persen dari total ekspor nonmigas yang masing-masing tumbuh 17,5 persen, dan 30,5 persen secara tahunan.

“Walaupun PMI Manufaktur beberapa negara mitra dagang utama Indonesia seperti Tiongkok masih ada dalam zona kontraksi, ekspor masih tumbuh tinggi di awal tahun ini,” ungkapnya.

Meski demikian, Pemerintah akan tetap mewaspadai adanya potensi tekanan dari perlambatan ekonomi global dan terus berupaya untuk meningkatkan daya saing produk ekspor, termasuk melalui hilirisasi sumber daya alam, yang mendorong diversifikasi negara tujuan ekspor terutama ke negara-negara potensial. sinpo

Komentar: