Sejarah

WHOI Rilis Rekaman Mengerikan Bangkai Kapal Titanic yang Tenggelam Lebih dari Satu Abad lalu

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 16 Februari 2023 | 14:50 WIB
Titanic Footage
Titanic Footage

SinPo.id -  Lembaga Oseanografi Woods Hole (WHOI) merilis rekaman sisa-sisa bangkai kapal Titanic yang tenggelam lebih dari satu abad lalu. Kapal terbesar itu tenggelam di Samudera Atlantik Utara, pada pertengahan April 1912.

Video mengerikan itu direkam pada tahun 1986, ketika WHOI melakukan 11 kali penyelaman pada hampir 12.500 kaki di bawah permukaan laut untuk menelusuri puing-puing kapal.

Penyelaman tersebut menggunakan kapal selam Alvin, membawa tiga orang ke lokasi bangkai kapal untuk pertama kalinya. Sementara kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh bernama Jason Jr. yang digunakan untuk masuk ke dalam kapal yang tenggelam.

"Seperti banyak orang, saya terpaku ketika Alvin dan Jason Jr. berkelana di dalam bangkai kapal," kata James Cameron, yang menyutradarai film blockbuster, Titanic, dan telah menjelajahi lautan sendirian. Dilansir dari Fox News, Kamis 16 Februari 2023.

James menyebut rekaman yang dirilis WHOI itu membantu menceritakan bagian penting dari sebuah kisah yang menjangkau generasi dan lingkaran dunia.

Tercatat, Titanic tenggelam pada 15 April 1912 setelah menabrak gunung es dalam pelayaran perdananya dari Inggris ke New York City. Tetapi bangkainya baru ditemukan pada September 1985 oleh WHOI.

"Airnya mendekati suhu beku dan mungkin tantangan terbesar adalah keterpencilan lokasi, dan tekanan yang dialami peralatan kami," kata Robert Ballard, yang memimpin penemuan tahun 1985 dan berhasil menangkap cuplikan dari Titanic pada tahun 1986.sinpo

Komentar: