Rem Blong Jadi Musabab Bus Pariwisata yang Bawa Murid TK Kecelakaan di Pasuruan

Laporan: Sinpo
Rabu, 15 Februari 2023 | 21:49 WIB
Ilustrasi garis polisi/ Pixabay
Ilustrasi garis polisi/ Pixabay

SinPo.id - Bus pariwisata menghantam sejumlah rumah dan kendaraan di Dusun Sekar, Desa Watuagung, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Selasa, 14 Februari 2023 sekitar pukul 17.30 WIB. Bus rombongan TK Al Hidayah, Jatitengah, Kecamatan Selopuro, Kabupaten Blitar ini sedianya akan pulang ke Blitar, usai rekreasi di Taman Safari Prigen, Pasuruan.

Di lokasi kecelakaan, polisi tidak menemukan jejak pengereman bus pariwisata asal Blitar, sehingga bus menabrak empat kendaraan, dua rumah, satu musala, dan satu warung itu.

Kasatlantas Polres Pasuruan AKP Yudhi Anugrah Putra menyatakan, ada dua bus dalam rombongan tersebut. Setibanya di lokasi kejadian, salah satu bus mengalami masalah.

“Rombongan sampai jam 07.00, rencana akan kembali ke Blitar. Namun saat tiba jam 17.30 di Dusun Sekar mengalami trobel di bus nomor dua,” kata Yudhi dikutip dari website Korlantas Polri, Rabu, 15 Februari 2023.

Petugas juga telah menemukan fakta dari hasil olah tempat kejadian perkara (TKP), pemeriksaan sopir bus, serta sejumlah saksi lain. Diduga kuat rem bus tidak berfungsi sehingga terjadi kecelakaan.

“Mengalami trobel di bus nomor dua, mengakui dari sopir dengan inisial Pak H tidak mampu menguasai rem. Saat olah TKP diduga tidak ada bekas pengereman sama sekali,” kata Yudhi.

Bus kemudian menghantam bagian belakang rombongan bus di depannya. Setelah itu bus meluncur hingga menabrak empat kendaraan, dua rumah, satu musala, dan satu warung di Dusun Sekar, Desa Watuagung, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan.

“Dapat disimpulkan kendaraan bus belakang menubruk bagian belakang bus depan. Dari kejadian ini ada 15 korban luka, satu luka berat, dibawa ke RS Sahabat, RS Prima Husada, dan Puskesmas Sukorejo, yang terdampak satu musala, dua rumah warga, satu warung, serta 4 kendaraan yang parkir,” jelasnya.
 sinpo

Komentar: