KPU: Pantarlih Sudah Proses Coklit Daftar Pemilih di Dalam dan Luar Negeri

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 14 Februari 2023 | 20:11 WIB
Ketua KPU Hasyim Asy'ari/ SinPo.id/ Khaerul Anam
Ketua KPU Hasyim Asy'ari/ SinPo.id/ Khaerul Anam

SinPo.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah membentuk petugas pemuktahiran data pemilih (Pantarlih) untuk memperbarui data peserta pemilih pada Pemilu 2024.

Ketua KPU Hasyim Asy'ari mengatakan Pantarlih sudah mulai bekerja untuk melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih, baik yang ada di dalam maupun di luar negeri.

"Pembentukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) sudah dilakukan baik di dalam negeri maupun luar negeri," kata Hasyim di kantornya, Selasa 14 Februari 2023.

Hasyim menjelaskan, untuk didalam negeri Pantarlih sudah mulai melakukan coklit dan verifikasi faktual data pemilih sejak 12 Februari kemarin. Dan ditargetkan akan selesai sampai 14 Maret 2023.

Untuk di luar negeri, lanjut Hasyim, panitia pemilihan luar negeri (PPLN) sudah mulai bekerja untuk memutakhirkan data pemilih di 130 kantor perwakilan Indonesia di luar negeri.

"Ada yang bentuknya Kedutaan besar Republik Indonesia (KBRI), ada yang bentuknya Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI), ada yang bentuknya Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI). KDEI ada di Taiwan karena kita tidak punya hubungan diplomatik dengan Taiwan," ujarnya.

Sementara itu untuk jumlah Pantarlih telah disesuaikan dengan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) dimasing-masing wilayah baik di dalam maupun luar negeri.

"Jumlah Pantarlih itu sesuai dengan jumlah TPS yang akan dioperasionalkan baik di dalam maupun di luar negeri," tandasnya.sinpo

Komentar: