Cegah Tawuran dan Balap Liar di Jaksel, Kapolda Minta RW Berperan Aktif

Laporan: Sinpo
Minggu, 05 Februari 2023 | 21:36 WIB
Aksi tawuran (SinPo.id/Tangkapan layar)
Aksi tawuran (SinPo.id/Tangkapan layar)

SinPo.id -  Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran meminta RW berperan aktif mencegah gangguan keamanan dan ketertiban di masyarakat. Menurut dia, RW dapat bersinergi dengan Forkopimda untuk bersama-sama melakukan pemetaan sekaligus pencegahan balap liar dan tawuran di kawasan masing-masing.
 
"Pertemuan ini penting agar kita saling mengenal satu sama lain. Peran RW sangat penting. Mulai dari urusan lahir sampai dikebumikan ini urusannya sama RW. Dari kawin sampai kawin lagi diurus RW. Guyub nya RW membuat kita bisa menghadapi pandemi kemarin," ujarnya.

Hal itu dikatakan Fadil dalam kegiatan Guyub Ketua Rukun Warga se-Jakarta Selatan yang dilaksanakan di Boutique Ballroom, Kawasan Mega Kuningan Barat, Kelurahan Kuningan Timur, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan, Minggu 5 Februari 2023. 

Dia menilai peran penting RW. Ia kemudian menganalogikan RW ibarat seorang manusia, maka RW menjadi bagian ujung jari, urat saraf dari kecamatan (organ) dan tingkat pemerintah daerah.

"RW bersama Bhabinkamtibmas dan Babinsa harus menjadi telinga yang akurat dan mata yang tajam bagaikan elang bagi masyarakat," ungkapnya.sinpo

Komentar: