Perayaan Cap Gomeh 2023 di Glodok, Tampilkan Pentas Budaya Nusantara dan Tionghoa

Laporan: Sinpo
Minggu, 05 Februari 2023 | 21:29 WIB
perayaan Jakarta Cap Go Meh 2023 di kawasan China Town, Jalan Pancoran, Glodok
perayaan Jakarta Cap Go Meh 2023 di kawasan China Town, Jalan Pancoran, Glodok

SinPo.id -  Warga ramai memadati perayaan Jakarta Cap Go Meh 2023 di kawasan China Town, Jalan Pancoran, Glodok, Taman Sari, Jakarta Barat.  Acara Cap Go Meh kali ini menampilkan pentas budaya Nusantara dan Tionghoa. 

"Semoga semua yang hadir pada Perayaan Jakarta Cap Go Meh 2023 gembira dan bahagia. Ini menjadi sebuah kebanggaan kami," ujar Sekretaris Kota (Sekko) Jakarta Barat, Iin Mutmainah seperti dilansir beritajakarta. 

Sebanyak 22 wihara dari lima wilayah kota DKI Jakarta turut memeriahkan Kirab Toa Pe Kong untuk memeriahkan perayaan 15 hari setelah Tahun Baru Imlek 2023. 

warga turut serta memeriahkan perayaan Cap Go Meh 2023 dengan suasana silaturahmi yang telah terbangun sejak lama di kawasan Glodok, Taman Sari. Perayaan ini juga menunjukkan Bhinneka Tunggal Ika berbeda-beda, tetapi tetap satu.

Ia menuturkan, pihaknya akan mengusulkan agenda tahunan  perayaan Cap Go Meh di kawasan China Town Glodok, Taman Sari menjadi salah satu destinasi unggulan di DKI Jakarta. 

"Kami juga menyampaikan terima kasih atas dukungan dari Dinas Parekraf DKI Jakarta terhadap perayaan Cap Go Meh 2023," ungkapnya. 

Menurutnya, Perayaan Cap Go Meh 2023 telah ditunggu-tunggu warga Jakarta Barat. Sebab, selama dua tahun sebelumnya, kegiatan ini tidak bisa terlaksana disebabkan pandemi COVID-19. 

"Kami mengajak warga untuk menjaga kekayaan budaya yang telah berlangsung sejak ratusan tahun silam di kawasan Pecinan Glodok," paparnya. 

Kepala Dinas Parekraf DKI Jakarta, Andhika P menambahkan, perayaan Jakarta Cap Go Meh 2023 menampilkan panggung budaya, ragam budaya nusantara, arak-arakan dan Kirab Toa Pe Kong bersama dengan budaya-budaya nusantara lainnya. 

“Perayaan Jakarta Cap Go Meh 2023 diselenggarakan di kawasan Glodok agar dapat memberikan dampak ekonomi bagi pariwisata di daerah Taman Sari dan Kota Tua," tandasnya.

Acara ini sendiri terselenggara atas kerja sama Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) DKI Jakarta serta perhimpunan masyarakat Tionghoa. sinpo

Komentar: