Mahasiswa UI Tewas Kecelakaan, Polda Metro Dalami Dugaan Pembiaran Purnawirawan Eko Budi

Laporan: Sigit Nuryadin
Jumat, 03 Februari 2023 | 15:20 WIB
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)

SinPo.id -  Polda Metro Jaya akan mendalami dugaan pembiaran AKBP (Purn) Eko Setio Budi Wahono terkait tewasnya mahasiswa Universitas Indonesia (UI), M Hasya Attalah Saputra, dalam kecelakaan yang melibatkan pensiunan perwira Polri itu. Pendalaman tersebut juga akan dicocokan dengan hasil rekontruksi ulang yang digelar pada Kamis kemarin, 2 Febuari 2023.

"Akan proses pendalaman terkait dengan laporan ibunda Hasya dan ayahanda Hasya," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, Jumat, 3 Febuari 2023.

Andiko mengatakan rekontruksi bagian dari pendalaman yang hasilnya jadi bukti hukum.

Sebelumnya Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menilai keterangan dari keluarga korban M Hasya Attalah (18) mahasiwa UI yang tewas tertabrak mobil pensiunan Polri itu perlu didalami.

Apalagi, menurut keluarga korban bahwa Hasya sempat terkapar selama 30 menit. Namun sayang tak ada tindakan pertolongan pertama seperti mengevakuasinya guna mendapat penanganan medis.

"Beberapa hal yang kami usulkan dan kami sudah sampaikan kepada Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Usman Latif untuk ditindaklanjuti. Ini berangkat dari dari masalah yang disuarakan oleh keluarga," ujar Ketua Harian Kompolnas Benny Mamoto di Polda Metro Jaya, Selasa, 31 Januari 2023.

Menurut Benny, rekomendasi yang diusulkan tersebut usai Direktorat Polda Metro Jaya memberikan penjelasan ihwal kontruksi kasus selama tiga jam.

Kompolnas juga merekomdasikan pemberian sanksi hukum pada orang yang ada di lokasi, lantaran tak menolong kepada Hasya setelah tertabrak mobil AKBP (Purn) Eko Setia Budi Wahono.sinpo

Komentar: