Legislator Papua Dukung TNI-Polri Sikat KKB Pakai Senjata

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 02 Februari 2023 | 19:49 WIB
Yan Permenas Mandenas/Parlementaria
Yan Permenas Mandenas/Parlementaria

SinPo.id -  Anggota Komisi I DPR RI, Yan Permenas Mandenas mendukung satuan TNI-Polri menyikat Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua menggunakan senjata. Sebab, tidak mungkin aparat penegak hukum menghadapi KKB yang bersenjata tanpa senjata.

"Yang jelas senjata yang digunakan KKB harus dihadapi dengan senjata yang digunakan TNI-Polri, tidak bisa dengan cara teritorial dan persuasif, itu harus dibedakan," kata Mandenas usai menggelar rapat dengan Panglima TNI terkait situasi dan kondisi keamanan di Papua di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis, 2 Februari 2023.

Di sisi lain, politikus Gerindra ini meminta satuan TNI-Polri melakukan tindakan persuasif dan teritorial untuk daerah yang gerakan KKB-nya tidak membahayakan warga sekitar. Seperti, ancaman penggunaan senjatanya pasif.

"Nanti kalau di daerah yang memang tidak menggunakan senjata silakan kita persuasif dan teritorial," ujar dia.

Selain itu, legislator daerah pemilihan (dapil) Papua ini ingin operasi yang dilakukan TNI-Polri dilakukan secara terpadu. Terpenting, program operasi melibatkan pemerintah daerah (pemda) agar pendekatan pembangunan daerah juga bisa berjalan.

"Kemudian operasi intelijen untuk penggalangan juga harus dilakukan terus menerus tidak mengedepankan operasi tempur selain perang," ujarnya.

Mandenas juga mengingatkan jika penanganan wilayah di Papua berbeda. Satuan TNI-Polri harus memahami sosial kultur di setiap wilayah Bumi Cenderawasih agar operasi yang berjalan tidak menimbulkan konflik baru

"Kita berharap bisa diredam dengan pendekatan-pendekatan yang sudah dilakukan," tegas dia.sinpo

Komentar: