Normalisasi Ciliwung, Pemprov DKI Jakarta Siapkan Rp469,2 Miliar Untuk Pembebasan Lahan

Laporan: Khaerul Anam
Kamis, 02 Februari 2023 | 13:22 WIB
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)

SinPo.id -  Dinas Sumber Daya Air (SDA) provinsi DKI Jakarta siapkan anggaran Rp469,2 miliar untuk pembebasan lahan normalisasi Ciliwung. Lahan yang hendak dibebaskan seluas 4,6 hektare di tiga lokasi.

“Masih ada juga uang Rp255 miliar yang bakal dialokasikan untuk pengadaan tanah pembuatan waduk dan Rp5 miliar untuk pengadaan tanah pembuatan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik,” kata Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta, Yusmada Faizal, dalam keterangannya, Kamis, 2 Fabruari 2023.

Anggaran Rp255 miliar itu untuk pengadaan tanah pembuatan waduk di tujuh wilayah yang akan dibangun.  Dinas SDA DKI Jakarta bakal berkomunikasi dengan pemerintah pusat karena legalitas pembebasan lahan masih menjadi kendala agar proyek pengendalian banjir dapat dilangsungkan.

“Kami akan koordinasi dengan Kementerian ATR (Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional) untuk menyelesaikan ini. Tapi tetap fokus kita menyiapkan lahan-lahan yang akan dikerjakan,” ujar Yusmada menjelaskan.

Pembangunan sodetan Sungai Ciliwung menuju Kanal Banjir Timur (KBT) kembali dikebut pengerjaannya oleh pemerintah pusat bersama pemprov DKI. Proyek sodetan itu disebut-sebut dinilai akan mengurangi banjir yang kerap melanda di Ibu Kota.

Sebelumnya proyek pembagunan sodetan sempat terhenti karena terkendala pembebasan lahan. Pemprov DKI berhasil menyelesaikan pembebasan lahan pembangunan sodetan Sungai Ciliwung dengan merelokasi warga terdampak ke rusunawa.

 sinpo

Komentar: