Rusia Sebut Bantuan Rudal AS Hanya akan Perburuk Keadaan

Laporan: Sinpo
Kamis, 02 Februari 2023 | 08:46 WIB
Rudal milik AS/ Reuters
Rudal milik AS/ Reuters

SinPo.id - Rusia menegaskan bantuan roket jarak jauh AS ke Ukraina tak akan membuat gentar dan mempengaruhi operasi militer khusus mereka.

Saat ini Ukraina dalam pembicaraan dengan Barat untuk mendapatkan roket jarak jauh. Senjata itu dilaporkan masuk dalam paket bantuan terbaru yang akan dikirim Amerika Serikat (AS) ke Ukraina berikutnya.

Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov menegaskan, bantuan roket jarak jauh hanya akan memperparah konflik. Selain itu, bantuan militer dari AS untuk Ukraina tak akan mengubah arah operasi militer khusus Rusia di Ukraina.

“Ini adalah cara langsung untuk meningkatkan ketegangan, menambah tingkat eskalasi, kita bisa lihat itu. Ini membutuhkan upaya lanjutan, tapi sekali lagi, tidak akan mengubah jalan, operasi militer khusus akan dilanjutkan,” kata Peskov, dikutip dari Reuters, Rabu, 1 Februari 2023.

Dua sumber pejabat AS sebelumnya mengatakan, paket bantuan militer senilai 2,2 miliar dolar Amerika diperkirakan mencakup roket jarak jauh. Ini adalah pertama kalinya AS mengirim senjata offensif itu.

Roket itu memungkinkan Ukraina untuk menyerang lebih dalam ke wilayah-wilayah yang dikuasai Rusia.sinpo

Komentar: