Muncul 'KIB Tandingan', Dukung Anies Baswedan jadi Capres

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 01 Februari 2023 | 20:23 WIB
Deklarasi KIB Tandingan/ SinPo.id/ Juven M Sitompul
Deklarasi KIB Tandingan/ SinPo.id/ Juven M Sitompul

SinPo.id - Sebanyak tiga kelompok meluncurkan Sekretariat Bersama (Sekber) Kuning Ijo Biru (KIB) untuk mendukung pencapresan Anies Baswedan. 'KIB Tandingan' ini dipastikan bukan bagian dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang digagas Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Namun, sebagian besar pengurus 'KIB Tandingan' ini berlatarbelakang dari kader tiga partai politik (parpol) yang tergabung dalam KIB.

"Namanya saja sama tapi spiritnya berbeda," kata Ketua Umum Koordinator Nasional (Kornas) Go-Anies, Sirajuddin Abdul Wahab, di Hotel Atlet Century Park, Jakarta Pusat, Rabu, 1 Februari 2023.

Sirajuddin menjelaskan KIB terdiri dari Kornas Forum Ka'bah Membangun dan Kornas Anies Amanat Indonesia. Koalisi itu diresmikan dengan penandatanganan kesepakatan bersama.

"Kami tiga simpul relawan Go-Anies, Forum Ka'bah Membangun, Anies Amanat Indonesia di seluruh Indonesia dengan ini menyatakan membentuk Sekretariat Bersama dengan nama Kuning-Ijo-Biru (Sekber KIB), sebagai wadah bersama, setara, dan solid untuk memperjuangkan dan memenangkan Anies Rasyid Baswedan sebagai Presiden Republik Indonesia," ujar Sirajuddin.

Kesepakatan itu ditandatangani oleh Sirajuddin. Lalu, Ketua Kornas Forum Ka'bah Membangun Habil Marati dan Ketua Umum Kornas Anies Amanat Indonesia Sahrin Hamid.

Sirajuddin menekankan peluncuran itu tidak mewakili partai. Meskipun, dia merupakan kader Golkar.

"Kami hadir dan lahir di sini mewakili kuning, kami kader Golkar walaupun tidak membawa nama partai tapi wajah kita di ruang publik Sirajuddin itu adalah kader Golkar," ucap Sirajuddin.

Sirajuddin mengatakan peluncuran KIB tersebut untuk memperkokoh relawan Anies dalam menghadapi Pemilu 2024. Sekber KIB juga berencana menggelar road show hingga rapat akbar yang dihadiri seluruh relawan untuk menyamakan langkah dukungan kepada Anies.

"Kalau dalam waktu Februari (2023) ini mepet waktunya, Insyaallah di bulan Maret kami akan mengadakan Rapat Akbar KIB yang menghadirkan relawan di seluruh Indonesia, jadi kami bertiga konsep sudah ada," ujar Sirajuddin.

 sinpo

Komentar: