Polda Metro Besok Gelar Rekonstruksi Ulang Kecelakaan Mahasiswa UI

Laporan: Sigit Nuryadin
Rabu, 01 Februari 2023 | 19:10 WIB
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko/ Dok. Polri
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko/ Dok. Polri

SinPo.id - Polda Metro Jaya akan menggelar rekonstruksi ulang terkait kecelakaan yang menewaskan mahasiswa Universitas Indonesia (UI) yakni M Hasya Attalah Syahputra pada Kamis besok, 2 Febuari 2023.

"Tindak lanjut komitmen dari hasil asistensi dan konsultasi serta diskusi dengan para pihak, besok dari Polda Metro Jaya akan menggelar rekonstruksi," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo, Rabu, 1 Febuari 2023.

Menurut Trunoyudo, metode dalam rekonstruksi tersebut akan melibatkan para pakar dan beberapa pihak. Tak terkecuali, kata dia, mengundang pihak keluarga korban dalam rekonstruksi ulang tersebut.

Lebih lanjut, Trunoyudo mengatakan, rekonstruksi ulang ini merupakan salah satu upaya memberikan kepastian hukum di kasus tersebut.

"Adanya pelibatan, kolaborasi, dan interprofesi. Sehingga tercapailah tujuan yang dimaksud pak Kapolda, untuk memberikan suatu kepastian hukum dengan melihat dari aspek rasa keadilan," tutur dia menjelaskan.

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran sebelumnya membentuk tim pencari fakta (TPF) untuk mengusut kasus kecelakaan mahasiswa Universitas Indonesia. TPF ini tidak hanya melibatkan tim internal, tetapi eksternal. Sejumlah pakar transportasi hingga pakar hukum akan dilibatkan untuk mengusut kematian M Hasya Attalah Syaputra (18). 

"Sebagai Kapolda saya akan mengambil langkah pertama akan membentuk tim untuk melakukan langkah-langkah pencarian fakta," kata Fadil di Mapolda Metro Jaya, pada Senin 30 Januari 2023sinpo

Komentar: