PAM Jaya Kelola Pelayanan 100 Persen Secara Mandiri Sejak Ditangani Swasta

Laporan: Khaerul Anam
Rabu, 01 Februari 2023 | 14:07 WIB
Dirut Perumda PAM Jaya, Arif Nasrudin/PPID DKI
Dirut Perumda PAM Jaya, Arif Nasrudin/PPID DKI

SinPo.id -  Perusahaan Umum Daerah (Perumda) PAM Jaya melakukan pelayanan 100 persen secara mandiri, sejak 25 tahun ditangani pihak swasta. Layanan mandiri dimulai sejak hari ini, Rabu 1 Februari 2023.

Direktur Utama Perumda PAM Jaya, Arif Nasrudin mengatakan, operasional secara mandiri dilakukan seiring dengan penghentian swastanisasi air di Jakarta.

"PAM Jaya hari ini reborn setelah 25 tahun layanan air di Jakarta dikelola swasta. InsyaAllah, hari kita memastikan minimal layanan eksisting yang sudah ada menjadi lebih baik," kata Arif kepada wartawan, Rabu 1 Februari 2023.

Arif menjelaskan, untuk mewujudkan cakupan layanan 100 persen di tahun 2030 juga dilakukan dengan langkah-langkah strategis sesuai Sustainable Development Goals (SDGs).

"Ada waktu sisa enam tahun, pekerjaan yang tidak mudah. Dalam masa pengelolaan selama 25 tahun oleh swasta baru ada 400 ribu saluran rumah. Sementara dalam waktu enam tahun kita akan mewujudkan 1,1 juta. Dengan tekad dan optimisme kita bisa realisasikan," ujarnya.

Selain itu, dalam masa transisi pengelolaan, PAM Jaya juga melakukan sinergisitas dengan konsultan-konsultan besar seperti, PricewaterhouseCoopers, Deloitte serta Ernst & Young untuk menyusun perencanaan yang matang dan terukur.

Arif memastikan tidak terjadi pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawan Palyja dan Aetra dalam pengelolaan layanan 100 persen ini.

"Semua kita rekrut ulang menjadi bagian dari PAM Jaya. Bersama-sama kita akan memastikan kedaulatan air di Jakarta yang bisa dinikmati seluruh warga," tandasnya.sinpo

Komentar: