Pemprov DKI Tambah Armada Transjakarta Demi Urai Kemacetan

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 31 Januari 2023 | 13:35 WIB
Bus TransJakarta/TJ
Bus TransJakarta/TJ

SinPo.id -  Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana menambah armada Transportasi Jakarta (Transjakarta) untuk mengurai kemacetan yang kerap terjadi di Ibu Kota.

“Macet melulu ya. Mudah-mudahan nanti, saya undang jajaran Dirut Transjakarta untuk menambah (armada),” kata Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi kepada wartawan, Selasa, 31 Januari 2023.

Heru berharap dengan ditambahnya armada Transjakarta membuat masyarakat mau beralih ke transportasi umum sehingga dapat mengurangi kemacetan yang kerap terjadi di Ibu Kota.

“Iya, mudah-mudahan (beralih ke angkutan umum),” ujarnya.

Seperti diketahui, Pemprov DKI Jakarta saat ini terus berupaya untuk mengurangi kemacetan. Diantaranya yaitu dengan menerapkan kebijakan jalan berbayar atau elektronik road pricing (ERP).

Kebijakan ERP ini nantinya berlaku setiap hari mulai pukul 05.00 WIB hingga 22.00 WIB. Dishub DKI Jakarta mengusulkan tarif tersebut berkisar Rp5.000 hingga Rp19.000.

Selain itu, Pemprov DKI juga sedang berupaya untuk melakukan penyambungan jalan. Rencananya akan ada sepuluh ruas jalan yang akan dilakukan penyambungan di Jakarta.

Diperkirakan proyek penyambungan jalan ini bisa mengurai kemacetan di Jakarta hingga 30 persen. Mengingat dengan adanya jalan yang tersambung itu, maka kapasitas jalan untuk menampung kendaraan bisa jadi lebih besar.sinpo

Komentar: