Jenderal Bintang Empat Ini Yakini Perang AS dan China Meletus di 2025

Laporan: Sinpo
Senin, 30 Januari 2023 | 09:08 WIB
Kepala Komando Mobilitas Udara, Mike Minihan/ Air and force magazine
Kepala Komando Mobilitas Udara, Mike Minihan/ Air and force magazine

SinPo.id - Kepala Komando Mobilitas Udara Amerika Serikat, Mike Minihan menulis lewat sebuah memo, dan menyebut bahwa nalurinya mengatakan AS akan berperang dengan China dalam dua tahun ke depan. Namun, komentar itu disebut oleh Pentagon tidak sesuai dengan penilaian militer AS.

“Saya harap saya salah. Naluri saya mengatakan (kita) akan berperang pada 2025,” kata jenderal bintang empat yang membawahi sekitar 110 ribu tentara itu, dikutip dari Antara.

Meski tidak mewakili Pentagon (Departemen Pertahanan AS), pandangan sang jenderal menunjukkan adanya keprihatinan pada level tertinggi militer AS terhadap kemungkinan China menguasai Taiwan. Pulau itu diklaim oleh Beijing sebagai bagian dari wilayah China.

Minihan mengatakan pemilihan presiden di AS dan Taiwan tahun depan berpotensi mendorong China untuk melancarkan aksi militer.

“Komentar ini tidak mewakili pandangan departemen (pertahanan) tentang China,” kata seorang pejabat Dephan AS.

Menteri Pertahanan AS Llyod Austin mengatakan awal bulan ini bahwa dia sangat ragu jika peningkatan aktivitas militer China di dekat Selat Taiwan adalah tanda bahwa Beijing akan segera menginvasi Taiwan.

China telah meningkatkan tekanan diplomatik, militer dan ekonomi dalam beberapa tahun terakhir terhadap Taiwan, yang memiliki pemerintahan sendiri, agar tunduk kepada Beijing.

Taiwan mengatakan mereka menginginkan perdamaian, tetapi akan membela diri jika diserang. Reuters telah melihat salinan memo Minihan itu, yang pertama kali dilaporkan oleh NBC News.

Saat dimintai komentarnya, Brigadir Jenderal Angkatan Udara AS Patrick Ryder mengatakan lewat pernyataan bahwa persaingan militer dengan China merupakan tantangan utama.

“Fokus kami tetap bekerja bersama negara-negara sekutu dan para mitra untuk menjaga Indo-Pasifik yang damai, bebas, dan terbuka,” katanya.sinpo

Komentar: