BNPB Pertanyakan Lambatnya Langkah Mitigasi Bencana ke Pemkot Manado

Laporan: Sinpo
Minggu, 29 Januari 2023 | 03:18 WIB
Korban banjir di Manado/ BNPB
Korban banjir di Manado/ BNPB

SinPo.id - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggelar rapat koordinasi percepatan penanganan bencana banjir dan tanah longsor. Rapat diselenggarakan di Kantor Gubernur Sulawesi Utara, Kota Manado, Sulawesi Utara, Sabtu, 28 Januari 2023.

Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto mengingatkan seluruh perangkat Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Utara agar betul-betul memikirkan upaya yang harus dilakukan agar kejadian serupa tak berulang pada tahun berikutnya.

"Saya ingin mengingatkan kita semua kejadian banjir di Manado bukan kali ini saja terjadi, hampir setiap tahun terjadi” ujar Suharyanto dikutip website resmi BNPB.

Dalam musibah banjir dan longsor ini, setidaknya lima orang meninggal dan lebih dari 9.000 warga harus mengungsi. Suharyanto berharap semua pihak berkoordinasi menentukan langkah pencegahan ke depannya.

"Ini harus menjadi pokok perhatian kita bersama, baik pemerintah daerah, kabupaten/kota agar betul-betul bagaimana supaya di tahun 2024 nanti tidak terjadi lagi (bencana). Kalaupun terjadi ya kecil dampaknya,” katanya.

Suharyanto juga menyoroti satu hal, yakni rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana yang merupakan titik awal mitigasi bencana serupa di masa depan. Menurutnya, itu merupakan salah satu faktor penyebab perulangan kejadian bencana setiap tahunnya.

Mantan Pangdam VIII Brawijaya itu menyinggung hal itu kepada Pemerintah Daerah. Sebab, hanya pemda yang mengerti permasalahan yang mendasar di wilayahnya.

"Kenapa kejadian ini kok terulang lagi? Ini yang paling paham adalah pemerintah daerah. Kira-kira apa yang harus dibangun agar rehabilitasi dan rekonstruksi bisa menjadi awal untuk mitigasi bencana serupa di masa depan,” kata Suharyanto.

Terkait rehabilitasi dan rekonstruksi, Kepala BNPB meminta agar pemerintah daerah tak ragu dan segera mengambil kebijakan tersebut. Kebijakan harus diputuskan usai masa pemulihan dari tanggap darurat.

"Sehingga BNPB dapat mendampingi dan memberikan rekomendasi lebih lanjut," ucapnya.sinpo

Komentar: