PKS Dukung Pembentukan Sekretariat Perubahan

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 26 Januari 2023 | 20:12 WIB
Juru bicara PKS Muhammad Kholid/ Dok. PKS
Juru bicara PKS Muhammad Kholid/ Dok. PKS

SinPo.id - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyambut baik usulan Partai Demokrat untuk segera membentuk Sekretariat Perubahan sebagai kantor aktivitas politik Koalisi Perubahan. Pembentuka sekretariat ini dihadap memperkuat soliditas NasDem, PKS, dan Demokrat.

"Serta dapat memperlancar proses menuju deklarasi bersama Koalisi Perubahan dalam rangka mengusung Anies Baswedan sebagai bakal Calon Presiden (Bacapres) RI," kata juru bicara PKS Muhammad Kholid dalam keterangannya, Jakarta, Kamis, 26 Januari 2023.

Kholid mengatakan selama ini sudah terbentuk Tim Kecil Koalisi Perubahan. Tim ini sudah menggodok kesepakatan-kesepakatan penting dalam koalisi.

"Tim kecil tersebut sudah bekerja dengan sangat baik. Kami setuju jika Tim Kecil tersebut bisa ditransformasi menjadi Sekretariat Perubahan," ujarnya.

Meski begitu, Kholid menyatakan PKS bersikap rasional dan adil jika terkait calon wakil presiden (cawapres). Terpenting, sosok tersebut dapat melengkapi dan membantu kemenangan calon presiden (capres) yang akan diusung bersama.

Bagi PKS, kata Kholid, cawapres harus menjadi faktor nilai tambah kemenangan. Pembahasan di tim kecil sudah berjalan cukup intensif dan mendalam. Semua pertimbangan dan pandangan ketiga partai sudah dibahas bersama. 

"Prinsipnya, PKS setuju untuk mendukung siapa pun yang terbaik yang paling besar peluangnya untuk memenangkan pilpres," ucap Kholid.

Kholid menyampaikan sikap resmi PKS terkait deklarasi dukungan capres dan cawapres akan disampaikan langsung oleh pimpinan partai. Musyawarah Majelis Syuro PKS telah memberikan mandat kepada Ketua Majelis Syuro untuk menetapkan keputusan hasil Musyawarah Majelis Syuro terkait penentuan pilihan capres dan cawapres.

"Terkait deklarasi dukungan, DPP PKS menunggu arahan dari Ketua Majelis Syuro PKS, Habib Dr. Salim Segaf Al-Jufrie. DPP PKS sebagai pelaksana tugas dari amanat Majelis Syuro akan taat dan patuh menjalankan keputusan Majelis Syuro," kata Kholid. 

Oleh karena itu, Kholid meminta agar masyarakat, khususnya keluarga besar PKS dapat bersabar menunggu keputusan resmi dari pimpinan partai.

"Mohon doanya agar PKS dapat memutuskan dengan cara terbaik, waktu terbaik, dan pada pilihan yang terbaik," tegas dia.sinpo

Komentar: