DPR Minta Kesejahteraan Pekerja Lokal di PT GNI Harus Jadi Prioritas

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 26 Januari 2023 | 19:33 WIB
Anggota Komisi III DPR RI, Siti Nurizka Puteri Jaya/ Dok. Gerindra
Anggota Komisi III DPR RI, Siti Nurizka Puteri Jaya/ Dok. Gerindra

SinPo.id - Anggota Komisi III DPR RI, Siti Nurizka Puteri Jaya, meminta agar kesejahteraan pekerja lokal di PT Gunbuster Nickel Industri (GNI), menjadi prioritas.

Pasalnya, dalam rapat kerja bersama Komisi III DPR RI, Komnas HAM menyebut terdapat salah tata kelola manajemen yang menyebabkan terjadi kericuhan antara pekerja lokal dengan asing.

"Hal itu adalah imbas dari perusahaan yang enggan melaksanakan kesepakatan yang telah mereka setujui sebelumnya," kata Rizka kepada wartawan, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis 26 Januari 2023.

Ia juga mengecam keras kejadian itu, dan meminta pemerintah untuk segera mengusut kasus tersebut secara tuntas, termasuk mengaudit PT GNI.

"Saya meminta agar perusahaan PT GNI diaudit, dan kesejahteraan gaji, serta Keilmuan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pekerja lokal harus diperhatikan," desaknya.

"Ini sangat tidak manusiawi, ini perlu menjadi konsern komnas ham dan konsern kita bersama agar para pekerja lokal ini sejahtera," imbuhnya.

Seperti diketahui, bentrokan tersebut terjadi setelah aksi unjuk rasa para pekerja digelar untuk menuntut kepentingan kesejahteraan karyawan dan keberlangsungan industri nikel.

Aksi unjuk rasa itu sendiri dilakukan sebagai wujud tidak tercapainya kesepakatan antara pihak SPN dengan pihak perusahaan PT GNI dalam pertemuan dengan Disnaker Kabupaten Morowali Utara, yang kemudian disusul dengan aksi mogok kerja oleh sekitar 300 karyawan.sinpo

Komentar: