Ngotot Ingin AHY Cawapres, Ini Penjelasan Demokrat

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 25 Januari 2023 | 17:45 WIB
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY (SinPo.id/Dok)
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY (SinPo.id/Dok)

SinPo.id -  Ketua Badan Pembina Organisasi Keanggotaan dan Kaderisasi DPP Partai Demokrat Herman Khaeron menilai wajar jika partainya ingin mengusung Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai calon wakil presiden (cawapres) untuk Koalisi Perubahan. Apalagi, sosok yang diusung 'kader murni' dan punya kapasitas memunpuni.

"Hal yang wajar kalau partai-partai memiliki kader yang mempuni yang punya kapasitas kapabilitas dan punya kemampuan untuk memimpin negeri ya diusulkan," kata Herman, Rabu, 25 Januari 2023.

Herman juga mengatakan AHY memenuhi syarat menjadi pendamping Anies Baswedan. Di antaranya punya elektabilitas bahkan infrastruktur partai.

"Punya sumber daya manusia yang tidak harus membentuk struktur karena strukturnya sudah ada gitu dan relawannya banyak yang sudah akan mendukung, punya organisasi sayap," kata Herman menambahkan.

Herman mengatakan partainya sangat rasional dalam mengusulkan AHY sebagai Cawapres untuk Koalisi Perubahan. Namun, Demokrat akan menyerahkan sepenuhnya nasib AHY sebagai Cawapres kepada keputusan tiga ketum parpol yang tergabung dalam koalisi tersebut.

Ia memastikan hubungan antara Demokrat, Partai NasDem, dan PKS tetap solid. Sedangkan perbedaan pandangan dari elite ketiga partai merupakan bagian dinamika politik.

"Dan kalau kemudian ada dinamika dan statement-statement saya kira itu sebuah dinamika politik saja," katanya.sinpo

Komentar: