7 Pejabat Senior Tewas, Presiden Ukraina Menangis

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 22 Januari 2023 | 11:23 WIB
Zelenskiy memberi ucapan kepada keluarga korban/Sky News
Zelenskiy memberi ucapan kepada keluarga korban/Sky News

SinPo.id - Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy, menangis saat menghadiri upacara peringatan meninggalnya tujuh pejabat senior Kementerian dalam Negeri Ukraina, dalam kecelakaan helikopter minggu ini.


“Kesedihan yang tak terlukiskan menutupi jiwa. Ukraina kehilangan putra dan putri terbaiknya setiap hari," tulis Zelenskiy dalam postingannya di Telegram, dilansir dari The Guardian, Minggu 22 Januari 2023.

Zelenskiy dan istrinya, Olena Zelenska, juga memberikan penghormatan kepada keluarga para korban di dalam pusat budaya Rumah Ukraina di Kyiv tengah, yang penuh dengan kerumunan pelayat.

Sementara itu, Kepala Intelijen Militer Ukraina, Kyrylo Budanov, menyebut kematian Menteri dalam Negeri (Mendagri) Denys Monastyrskyi, yang sudah diaggap sebagai pahlawan sejati Ukraina, merupakan kerugian yang sangat besar.

“Jika bukan karena Monastyrskyi, segalanya bisa sangat berbeda. Dia adalah pahlawan sejati negara ini," kata Budanov yang mengacu pada jasa Mendagri dalam melawan Rusia sejak dimulainya invasi pada 24 Februari tahun lalu.

Seperti diketahui, Monastyrskyi, bersama wakilnya, dan lima pejabat tinggi lainnya tewas ketika helikopter Super Puma buatan Prancis yang mereka tumpangi menabrak sebuah pembibitan di pinggiran timur Kyiv saat kondisi berkabut.

Helikopter tersebut jatuh beberapa hari setelah setidaknya 45 orang tewas dalam serangan rudal Rusia yang meratakan sebagian blok flat di kota tenggara Dnipro.

Namun hingga saat ini, penyebab kecelakaan yang menewaskan 14 orang tersebut termasuk anak-anak yang tertimpa helikopter di darat, masih dalam proses penyelidikan.sinpo

Komentar: