Pakean Sopan
Doeloe Satoe Njonja Tionghoa Jang Pantes Ditoelak Oleh Satoe Roemah Makan Blanda Sebab Ia Pake Saroeng Dan Kebaja Dan Tida Pake Rok. Kaloe Orang Bandingken Saroeng Dan Kebaja Dengen Pakean Prampoea Barat Jang Sekarang, Jalah Pakean Saparo Telandjang, Pakean Saroeng Dan Kebaja Jang1 Doeloe Dianggep Koerang Pantes, Masi Sapoeloe Kali Lebih ”Pantes” Dari Pakean Kamar Mandi Dari Negri „Sopan”.
Mode-Mode Barat Sering Kaloear Dari Otaknja Soendel-Soendel Di Kota. Besar Di Barat, Hingga Tida Poen Heran Ini Pakean Jang Telandjangin Dada, Leher, Katek, Paha, Oendjoek Dengen Teg-Es Sifat Dari Orang Jang ,,T Jiptaken" Itoe Mode Aloes Sekali.... Dan Belon Merasa Poewas Boent And Jc Er In Prampoean Barat Telandjang'in Dirinja Saparo Atawa Lebih Dari Saparo, Dewi-Dewi Mode Tjari Akal Lagi Dan Oepama Kaloearker: Kous Kaki Dari Warna Daging. Doeloe Orang Barat Anggep Orang Kaloe Tida Pake Kous Ada Orang Tida Pantes, Tida Taoe Atoeran, Sebab Kaloe Tida Pake Kous Katanja „Shocking”.
Sekarang Orang Liat Boekan Sedikit Prampoean Barat Jang Pake Kou? Warna Daging, Hingga Pake Kous Seperti Djoega Tida Pake Kous Dan Ke - Barnja Menoeroet Mode Paling Blakang, Orang Prampoean Barat Boleh Tida Oesa Pake Kous Sama-Sekali.... Rok Pendek Sampe Kaliatan Paha, Tida Pake Kous, Badjoe Pendek Dan Tipis, Sampe Katek Kaliatan, Siapa Brani Bilang „Kasopanan" Baroe Tida Bagoesss Sekali ?! Satoe Penoelis Barat Kasohor, Jalah Havelock Ellis, Penoelis Dari ”The Psychology Of Sex” Perna Bilang, Memang Paling Betoel Kaloe Manoesia Telandjang Boelet Dan Biasaken Dirinja Dengen Kasopanan Telandjang; Ini Boekan Maen-Maen, Tapi Sasoeng-Goenja. Dan Sekarang Theorie Dari Havelock Ellis Moelain Didjalanken Dalem Practyk.
Anggepan Orang Tionghoa Tentang Ini Pakean Saparo Telandjang Ada Berbedah Tjina-Tjina ”Modern” Anggep Ini Bagoes Sekali, Sebab Iaorang Meliat Dengen Mata Barat Dan Otaknja Penoeh Anggepan Satengah, Atawa Saperampat Mateng- Tentang „Kasopanan" Barat.
Tapi Orang Tionghoa Biasa, Jang Belon Kena Pengaroeh Barat Terlaloe Banjak, Mempoenjai Anggepan Jang .......... Lebih Klassiek, Jalah Anggepan Seperti Dante, Jang Perna Mengolah Napas Sebab Djengkel Meliat Prampcean Christen Di Iapoenja Djeman Berpakean Koerang Senoenoeh, Kaloe Dibandingken Dengen Prampoean Timoer. Kaloe Dantc Bisa T.Aoe Bagimana Prampoean Barat Sekarang „Berpakean” Ia Boleh Djadi Lontjat Ka Acherat Boeat Kadoea Kalinja.
Waktoe Bebrapa Zuster Koelit Poeti Baroe Dateng Dari A.Merika Ka Tiongkok, Orang-Orang Tionghoa Biasa Bermoela Kira Marika Semoea Ada.......... Soendel-Soendel Jang Baroe Di-Import, Menoeroet „Europeanispie Of Katholicisme”(P. 17). Menoeroet „Die Katholische Missienen” 1923/1924; (S. 66) Orangcrang Tionghoa Mempoenjai Anggepan Djaoe Lebih Aloes Tentang Ini.
Dalem Matanja Orang Tionghoa Jang Belon Kenjang Dipengaroehin Oleh Barat, Itoe Semoea Pertoendjoekan Ada Lebih Dari Kasar Dan Tida Taoe Maloe Aken Goenaken Oetjapan Jang Paling Aloes. Orang-Orang Christen, Seperti Itoe Zendeling-Zendeling Katholiek Jang +Pergi Idoep Dalem Oetan-Oetan Boeat Siarken Igama Boleh Menangis, Kaloe Dari Oetan Ia Orang Balik Ka Poesatnja Kasopanan" Seperti Park's.
Ia Adjarin Manoesia Biadab, Seperti Orang Kaja-Kaja Boeat Berpakean Dan Di Poesatnja „Kasopanan” Orang Toeroet „Evangelie" Dari Toekang Bikin Mode, Jalah Nona-Nona Dari Qualiteit Tida Terlaloe Aloes. Bangsa Liar Maoe Disoeroe Berladjar Pake Badjoe Setjara Sopan, Tapi