Penguatan Suara Pak Bowo Sejalan dengan Kepuasan Masyarakat Atas Jokowi

Laporan: Bayu Primanda
Senin, 16 Januari 2023 | 12:34 WIB
Prabowo Subianto/SinPo.id
Prabowo Subianto/SinPo.id

SinPo.id -  Suara pendukung Prabowo Subianto kian menguat jelang Pemilu Presiden 2024. Selain di Jawa Barat, Ketua Umum Partai Gerindra itu juga mencatatkan kemenangan di Provinsi Banten dalam survei yang digelar Lembaga Survei Nasional.

Prabowo unggul atas Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo dalam simulasi tiga nama capres. 

Tercatat, Prabowo mengantongi 48,6 persen suara responden. Kemudian sebanyak 29,7 persen responden menjatuhkan pilihannya pada Anies Baswedan dan 18,9 persen mengaku akan memilih Ganjar Pranowo. Sementara sebanyak 2,8 persen responden mengaku belum punya pilihan (undecided).

Menanggapi hasil survei LSN, peneliti Indikator Politik Indonesia, Bawono Kumoro menilai bahwa tingginya angka pemilih Prabowo sejalan dengan meningkatnya kepuasan masyarakat atas kinerja jajaran kabinet Presiden Joko Widodo.

"Penguatan elektabilitas Prabowo bersamaan dengan penguatan dari approval rating presiden di survei kali ini menunjukkan pemilih melihat prabowo subianto sbg figur bakal capres sejalan dengan presiden jokowi serta juga berdedikasi tinggi sebagai menteri pertahanan dalam kabinet," ujar Bawono kepada SinPo.id, Senin, 16 Januari 2023.

Survei dari LSN ini juga sejalan dengan survei yang digelar Indikator Politik Indonesia yang digelar dalam waktu berdekatan. Kata Bawono, survei dari pihaknya juga menunjukkan penguatan dukungan atas Prabowo.

"Bila di temuan survei Indikator tiga bulan lalu elektabilitas dari Prabowo Subianto 23.9 persen maka temuan survei periode kali ini elektabilitas mantan pangkostrad tersebut naik hampir empat persen mencapai 26.8 persen," tukas Bawono.
sinpo

Komentar: