Gelombang Kedatangan Turis Asal China, Kesehatan Rakyat Indonesia Harus Jadi Prioritas

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 13 Januari 2023 | 14:00 WIB
Sekretaris Jenderal  Partai Gerindra, Ahmad Muzani (SinPo.id/ Fraksi Geridnra)
Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani (SinPo.id/ Fraksi Geridnra)

SinPo.id -  Sekretaris Jenderal  Partai Gerindra, Ahmad Muzani, minta pemerintah memprioritaskan keselamatan kesehatan rakyat Indonesia terkait kedatangan turis asal Negara China, usai Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) resmi dicabut.  Muzani mengatakan perlu aturan khusus terhadap wisawatan asal China yang ingin masuk ke Indonesia, agar kesehatan rakyat tidak terabaikan demi tercapainya target ekonomi.

"Aturan khusus yang dimaksud misalnya kewajiban melakukan Swab PCR bagi turis asal China yang ingin masuk ke Indonesia harus diperketat," kata Muzani, Jumat 13 Januari 2023.

Ia mengatakan langkah tersebut merupakan bentuk antisipasi agar upaya yang telah dibangun untuk tercapainya kekebalan komunitas (herd immunity) di masyarakat, jangan sampai menjadi sia-sia karena masih adanya ancaman dari luar. 

"Seperti herd immunity, upaya pemulihan ekonomi nasional, dan stabilitas sosial yang sudah kita bangun dengan kerja keras dan kerja bersama ini jangan sampai sia-sia akibat ketidakwaspadaan kita terhadap kemungkinan ancaman Covid yang berasal dari turis-turis luar negeri, terutama turis asal China,"  kata Muzani menegaskan.

Kewaspadaan yang disampaikan Muzani juga mengacu keputusan pemerintah menerima turis China menuai pro dan kontra, lantaran saat ini negara itu sedang dilanda gelombang Covid-19 dengan jumlah kasus aktif lebih dari 92 ribu.

Sedangkan sejumlah negara di dunia saat ini telah memperketat protokol kesehatan bagi turis asal China yang ingin masuk, “seperti Amerika Serikat, negara-negara di Eropa, serta sejumlah negara di Asia maupun Afrika,” kata Muzani menjelaskan.sinpo

Komentar: