Sejumlah Dokumen Rahasia Ditemukan di Kediaman Presiden Joe Biden

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 13 Januari 2023 | 11:40 WIB
Joe Biden/Al-Jazeera
Joe Biden/Al-Jazeera

SinPo.id -  Gedung Putih mengkonfirmasi adanya penemuan sejumlah dokumen rahasia di kediaman Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden di negara bagian Delaware, yang telah diserahkan ke Departemen Kehakiman.

Penasihat khusus Gedung Putih, Richard Sauber, mengatakan dokumen dengan tanda rahasia yang disimpan sejak masa jabatan Biden sebagai wakil presiden, ditemukan di garasi di rumah presiden sekarang di Wilmington.

"Dokumen satu halaman ditemukan di sebuah ruangan yang berdekatan dengan garasi," kata Sauber dalam sebuah pernyataan, dilansir dari Al Jazeera, Jumat 13 Januari 2023.

Namun tidak ada dokumen lainnya yang ditemukan di rumah kedua Joe dan Jill Biden di Pantai Rehoboth, Delaware.

"Departemen Kehakiman segera diberitahu setelah dokumen-dokumen itu ditemukan dan para pengacara departemen mengambil alih catatan-catatan itu. Pihak administrasi juga sepenuhnya bekerja sama untuk memastikan bahwa catatan ditangani dengan benar," ungkapnya.

Dokumen rahasia tersebut ditemukan beberapa hari setelah media AS melaporkan bahwa file dengan tanda rahasia dari masa Biden sebagai wakil presiden ditemukan pada November lalu di bekas kantornya di Washington, DC.

Saat ditanya terkait dokumen yang ditemukan di rumahnya, Biden menjawab bahwa pemerintahannya bekerja sama sepenuhnya dengan tinjauan Departemen Kehakiman.

"Orang tahu saya menganggap serius dokumen rahasia dan materi rahasia," ungkap Biden.

Sementara itu, Ketua DPR dari Partai Republik, Kevin McCarthy, menuduh pemerintahan Biden munafik, dan meminta agar badan-badan intelijen menyelidiki semua dokumen yang berpotensi dirahasiakan.sinpo

Komentar: