Lima Orang Dilaporkan Tewas dalam Ledakan di Ibu Kota Afghanistan

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 12 Januari 2023 | 13:46 WIB
Ledakan di Afghanistan/ TIME
Ledakan di Afghanistan/ TIME

SinPo.id - Sedikitnya lima orang dilaporkan tewas dan 40 orang lainnya terluka dalam sebuah ledakan di dekat Kementerian Luar Negeri di ibu kota Afghanistan, Kabul.

Juru bicara polisi kota Kabul, Khalid Zadran, mengutuk apa yang disebutnya sebagai tindakan pengecut, karena menargetkan warga sipil Afghanistan.

Meski demikian, ia tidak mengatakan apakah serangan itu dilakukan oleh seorang pembom bunuh diri atau ledakan tersebut disebabkan oleh perangkat yang ditanam.

“Para pelaku akan ditemukan dan dihukum atas tindakan subversif mereka,” kata Zadran, dilansir dari VoA, Kamis 12 Januari 2023.

Sementara menurut rumah sakit amal darurat yang berbasis di Italia, dan bertempat di Kabul, terdapat banyak orang terluka akibat ledakan yang saat ini tengah dalam perawatan.

“Kami telah menerima lebih dari 40 pasien di rumah sakit. Ini adalah korban massal pertama di tahun 2023, dengan jumlah pasien terbanyak sejak awal tahun 2022. Sehingga kami harus menyiapkan tempat tidur di dapur dan kantin," paparnya.

Namun tak lama setelah ledakan terjadi pada Rabu malam, afiliasi regional ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut melalui saluran Telegram, yang disiarkan di kantor berita kelompok Amaq.

Seperti diketahui, Kabul telah mengalami serentetan serangan tingkat tinggi dalam beberapa pekan terakhir, sebagian besar diklaim oleh afiliasi Afghanistan dari Negara Islam yang dikenal sebagai Negara Islam-Khorasan.

Mujahid mengumumkan rinciannya dalam sebuah pernyataan, mengatakan orang-orang yang terbunuh dalam rangkaian serangan itu sebagian merupakan orang asing.

 sinpo

Komentar: