DPR Kecam Kunjungan Menteri Israel ke Al Aqsa yang Dinilai Provokatif

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 05 Januari 2023 | 18:04 WIB
Itamar Ben-Gvir saat berada di kompleks Al-Aqsa
Itamar Ben-Gvir saat berada di kompleks Al-Aqsa

SinPo.id -  Kunjungan Menteri Keamanan Nasional Israel sekaligus sosok yang dikenal pembenci Arab, Itamar Ben-Gvir, ke Kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur pada Selasa lalu, dinilai provokatif dan intimidatif.

"Dewan Keamanan PBB tidak cukup mendiskusikan tindakan itu. PBB harus bertindak nyata,” kata Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Fadli Zon, melalui pernyataan tertulis, Kamis 5 Januari 2023.

Ia juga mengecam tindakan Menteri Itamar tersebut yang dianggap sebagai ancaman nyata bagi masa depan perdamaian Palestina dan Israel. Sehingga tindakan yang menyebabkan kegaduhan harus ditolak dan dikutuk.

“Kunjungan itu harus dikutuk. Komunitas internasional harus melakukan aksi konkret untuk mencegah kunjungan provokatif seperti itu ke depan. Israel harus diberikan sanksi keras. Jika diperlukan, Israel harus dikucilkan dari pergaulan internasional,” tegasnya.

Di samping itu, Fadli juga menyoroti peran Yordania sebagai kustodian atau pemelihara Al-Aqsa yang semakin tidak efektif. Sehingga perlu adanya penguatan kembali peran Yordania atas Al Aqsa agat tidak terkesan sekadar simbolis. Karena Al-Aqsa sekarang sepenuhnya di bawah kontrol Israel.

"Di sisi lain, Yordania tidak memiliki kontrol apapun atas wilayah itu. Jelas, Yordania tidak bisa melindungi Al-Aqsa secara maksimal. Ini situasi yang paradoks. Komunitas internasional harus mengubah situasi ini,” tutupnya.sinpo

Komentar: