Masalah Kemacetan, Pemprov DKI Jakarta Rencanakan Menyambung Jalan

Laporan: Khaerul Anam
Kamis, 05 Januari 2023 | 12:20 WIB
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)

SinPo.id -  Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menyambung ruas jalan di sejumlah lokasi untuk mengurai kemacetan yang sering terjadi. Dinas Bina Marga DKI Jakarta sudah menginventarisir sekitar 10 lokasi jalan yang perlu disambung agar bisa menekan angka volume kendaraan.

“Kami mulai dari invetarisir (lokasi penyambung jalan). Mulai dari Pasar Minggu sejajar kereta api, Kemuning, Waru, Kelapa Gading, nanti mungkin yang di mana lagi, Bekasi Raya,” kata Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho, Kamis, 5 Januari 2023.

Menurut Hari, Pemprov DKI Jakarta fokus pengerjaan proyek penyambungan jalan di 10 lokasi tersebut sehingga angka kemacetan di Jakarta bisa terurai. Langkah selanjutnya disiapkan pembebasan lahan di lokasi yang dipilih. Sedangkan besaran luas akan berbeda-beda tergantung dengan kebutuhan penyambungan jalan di tiap lokasi.

“Ada yang cuma dua bidang (lahan dibebaskan), ada yang tiga bidang, ada yang satu RW, macam-macam,” kata Hari menjelaskan.

Ia memperkirakan program penyambungan jalan bisa mengurai kemacetan di Jakarta hingga 30 persen. Pembangunan Jalan yang tersambung itu diyakini menjadikan kapasitas jalan menampung kendaraan bisa lebih besar.

“Bisa 20-30 persen karena kan jadi lebar, otomatis tidak terjadi (penumpukan kendaraan),” katanya.sinpo

Komentar: