Cuaca Ekstrem, Empat Penerbangan Gagal Mendarat di Soekarno Hatta

Laporan: Sinpo
Minggu, 01 Januari 2023 | 19:15 WIB
Bandara Soekarno Hatta
Bandara Soekarno Hatta

SinPo.id -  Empat penerbangan mengalami pengalihan penerbangan di Bandara Soekarno Hatta pada Minggu 1 Januari 2023. Hal ini, karena cuaca ekstrem yang melanda sejumlah wilayah di Indonesia. 

"AP II, maskapai dan AirNav Indonesia juga memperhatikan prosedur delay (penundaan keberangkatan), kemudian divert (pengalihan penerbangan), serta prosedur bagi pesawat untuk kembali ke apron (return to apron/RTA) dan pesawat kembali ke bandara (return to base/RTB)," kata Direktur Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, dalam keterangannya pada Minggu 1 Januari 2023. 

Selama momen libur Natal dan Tahun Baru, Angkasa Pura II mencatat ada 14 jadwal penerbangan yang terkendala akibat persoalan cuaca ekstrem. Hari ini pun tercatat ada empat penerbangan yang terpaksa dialihkan sebelum mendarat ke Bandara Soetta akibat cuaca ekstrem.

"Pada 1 Januari 2023 terdapat empat penerbangan tujuan Bandara Soekarno-Hatta yang menjalani proses diverted ke bandara lainnya sebagai langkah antisipasi cuaca. Prosedur ini dijalani demi keselamatan penerbangan," ujar Awaluddin.

Awaludin mengatakan selama libur Nataru mulai dari 19-31 Desember 2022, pihaknya mencatat ada 1,69 juta pergerakan penumpang yang terjadi di Bandara Soekarno-Hatta. Dia memprediksi arus balik libur Nataru di Bandara Soekarno-Hatta akan terjadi pada Senin 2 Januari 2023. dengan estimasi penumpang mencapai 220 ribu orang dan 1.600 penerbangan.

"Puncak arus kedatangan ada pada 2 Januari 2022, kami mengimbau agar penumpang pesawat dapat mengatur waktu sehingga dapat memperoses keberangkatan dengan baik," jelas Awaluddin.sinpo

Komentar: