Malam Tahun Baru, Jalur Menuju Puncak Ditutup Total hingga Pukul 06.00 WIB

Laporan: Sinpo
Minggu, 01 Januari 2023 | 01:38 WIB
Jalur menuju Puncak/ NTMC Polri
Jalur menuju Puncak/ NTMC Polri

SinPo.id - Polres Bogor mulai menutup total arus kendaraan menuju Kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu, saat malam Tahun Baru 2023. Mulai pukul 23.10 WIB hanya kendaraan dari Puncak mengarah Jakarta yang diperkenankan untuk melintas, kecuali sepeda motor.

Dikutip dari Antara di Jalur Puncak Bogor, penutupan arus kendaraan menuju Kawasan Puncak dilakukan mulai dari Simpang Gadog, Kecamatan Ciawi, dan di beberapa persimpangan jalan lainnya di Jalur Puncak. Sebelum dilakukan penutupan total arus menuju Puncak, Kepolisian sudah terlebih dahulu menutup arus kendaraan menuju Puncak tepat di Exit Tol Gadog pada pukul 18.20 WIB.

Setelah penutupan arus kendaraan dari Exit Tol Gadog pada petang hari, lalu lintas Jalur Puncak terpantau lancar tanpa ada kepadatan kendaraan hingga arus kendaraan menuju Puncak ditutup total. Bagi masyarakat yang ingin menuju ke arah Cianjur atau Bandung, bisa melintas jalur alternatif Puncak, yaitu dengan rute Cibubur-Jonggol-Cariu-Cianjur.

Direktur Regident Korlantas Polri, Brigjen Polisi Yusri Yunus saat memimpin langsung penutupan jalan di Exit Tol Gadog menyebutkan bahwa pemberlakuan Car Free Night (CFN) di jalur wisata tersebut dilakukan hingga Minggu, 1 Januari 2023 pukul 06.00 WIB.

"Kami sudah menginformasikan ke masyarakat sejak jauh-jauh hari. Kita gunakan teknik CFN, di pos ini kita lakukan penutupan untuk mengurangi arus atas," kata Yusri Yunus.

Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanuddin di Pos Pelayanan Terpadu Gadog, menjelaskan bahwa terjadi penurunan volume kendaraan pada Sabtu ini. Ia menduga penurunan volume kendaraan ini karena masyarakat yang ingin merayakan Tahun Baru di Kawasan Puncak, sudah tiba di lokasi sejak Jumat.

Pasalnya, terjadi peningkatan sekitar 20 persen volume kendaraan yang mengarah ke Puncak pada Jumat, jika dibandingkan dengan hari biasa. Menurutnya, kepadatan kendaraan yang terjadi pada Jumat siang itu karena masyarakat yang ingin merayakan Tahun Baru di Puncak lebih awal tiba, sebelum jalurnya ditutup total atau Car Free Night (CFN) pada malam Tahun Baru.

"Karena kami sudah informasikan dari awal untuk tanggal 31 Desember kami akan berlakukan pembatasan, sebagaimana meningkatnya kegiatan masyarakat di jalur puncak dengan adanya car free night untuk malam tahun baru," kata Iman.

AKBP Iman menyebutkan bahwa sebanyak 2.500 personel gabungan yang dilibatkan untuk pengamanan selama perayaan Natal dan Tahun Baru di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Mereka  ditempatkan di posko utama Operasi Lilin lodaya yaitu di Mako Polres Bogor, kemudian sisanya yaitu di Simpang Gadog, Ciawi, Megamendung, Cisarua, Rindu Alam, Cijeruk, Babakanmadang, Sukaraja, Cibinong, Citereup, Gunungputri, Cileungsi, Jonggol, Ciampea, Parung serta Parungpanjang.(KR-MFS)
 sinpo

Komentar: