Bahas Bilateral dan Regional, Putin akan Bicara dengan Xi Jinping

Laporan: Sinpo
Jumat, 30 Desember 2022 | 09:54 WIB
Presiden China, Xi Jinping dan Presiden Rusia, Vladimir Putin/ AFP
Presiden China, Xi Jinping dan Presiden Rusia, Vladimir Putin/ AFP

SinPo.id - Presiden  Rusia Vladimir Putin akan berbicara dengan Presiden China Xi Jinping melalui tautan video, Jumat, 30 Desember 2022 ini. Pembicaraan antar dia pemimpin negara ini guna membahas sejumlah masalah bilateral dan regional.

“Pertama-tama, mereka akan membicarakan hubungan bilateral Rusia-China,” kata Juru Bicara Kremlin, Dmitry Peskov kepada seperti dikutip dari Reuters.

“Dan, tentu saja, akan sangat penting untuk bertukar pandangan tentang masalah regional yang lebih akut yang lebih dekat dengan kami, Rusia dan yang lebih dekat dengan China,” sambungnya.

Rusia berusaha memperdalam hubungan ekonomi, politik, dan keamanannya dengan China sejak Moskow melancarkan agresi ke Ukraina pada Februari lalu. Moskow dan Beijing bahkan telah menandatangani kemitraan strategis “tanpa batas” beberapa hari sebelum Rusia memulai operasi militer di negeri tetangganya itu.

China juga telah meningkatkan pembelian minyak dan gas Rusia sejak negara-negara Eropa memutuskan hubungan dengan Moskow.

Sementara itu Rusia secara terbuka mendukung sikap Xi atas Taiwan dan menuduh Barat mencoba memprovokasi konflik atas status pulau yang memiliki pemerintahan sendiri yang diklaim Beijing klaim sebagai milik China itu.sinpo

Komentar: