Pemprov DKI Libatkan Ratusan UMKM Saat Festival Malam Tahun Baru 2023

Laporan: Khaerul Anam
Kamis, 29 Desember 2022 | 12:26 WIB
Ilustrasi/pixabay
Ilustrasi/pixabay

SinPo.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bakal melibatkan ratusan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaan Jakpreneur dalam beragam kegiatan perayaan malam pergantian tahun.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (DPKKUKM) Elisabeth Ratu Rante Allo mengatakan, UMKM yang dilibatkan kali ini merupakan UMKM di bidang kuliner.

Para UMKM ini akan menggelar bazar di beragam acara yang diinisiasi oleh Pemprov DKI, seperti di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sebagai lokasi puncak acara pergantian tahun.

Kemudian juga di beberapa titik lokasi panggung hiburan 'Malam Muda-mudi' yang digelar di sepanjang Jalan Sudirman hingga Thamrin, serta di lokasi acara malam tahun baru di tingkat kota.

"Terkait dengan pembayaran, kami mendukung program Gerakan Nasional Non Tunai (GNTT). Sehingga, pembayaran dilakukan secara cashless menggunakan QRIS Jakpreneur," ucapnya dalam keterangan tertulis, Kamis, 29 Desember 2022.

Menurutnya, metode pembayaran ini dapat meminimalisir penularan Covid-19 karma mengurangi interaksi langsung antara pembeli dan pedagang, serta memudahkan UMKM dalam penghitungan omzet.

Total ada 110 UKM yang akan dilibatkan. Adapun, sebanyak 60 UMKM akan membuka bazar di acara 'Malam Muda-Mudi' di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin.

Rinciannya, 10 UMKM buka di sekitar panggung Stasiun MRT Bundaran HI, 10 UMKM di sekitar panggung Jalan Imam Bonjol, 10 UMKM di sekitar panggung Gedung Da Vinci, 10 UMKM di sekitar panggung FX Sudirman.

Kemudian 10 UMKM di sekitar panggung gateway SCBD, serta 10 UMKM di sekitar panggung Patung Pemuda Senayan. Selanjutnya ada juga 20 UMKM yang akan ditempatkan di TMII dan 30 UMKM lainnya di halaman Kantor Wali Kota Jakarta Utara.

"UMKM tersebut telah melalui proses kurasi yang mempertimbangkan kualitas produk, packaging, dan kesiapan produksi. Sehingga, produk yang dijual kepada masyarakat pun telah terstandarisasi dengan baik dan aman," tandasnya.
sinpo

Komentar: