Laptop Jaksa Dimaling, KPK Sebut Ada Sistem Keamanan Susah Dibobol

Laporan: Zikri Maulana
Selasa, 27 Desember 2022 | 14:38 WIB
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)

SinPo.id -  Kepala Bagian Pemberitaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Ali Fikri memastikan laptop milik Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Penuntutan KPK berinisial FAN yang digondol maling di Yogyakarta, sudah dilengkapi sistem keamanan yang dibuat KPK. Ia yakin data yang terdapat di dalam laptop jaksa berinisial FAN tersebut aman.

"Tetapi sistem di KPK kan memang agak susah dibuka ya, dibobol, dijebol di laptopnya itu kalau sistem sudah dibuat," kata Ali kepada wartawan di Gedung Juang KPK, Selasa 27 Desember 2022. 

Ali berharap data dari dalam laptop milik salah satu jaksa KPK tidak bisa diakses keluar karena sudah dibuat sistem keamanan. "Harapannya sih tidak sampai kemudian, kalau memang itu berkaitan dengan data di laptop ya tidak bisa keluar,” kata Ali menambahkan 

Laptop milik Jaksa FAN memang selalu dibawa ke persidangan, pada saat kejadian pencurian, laptop tersebut berada di rumahnya di Yogyakarta, yang merupakan tempat yang wajar untuk menyimpan barang. 

"Memang laptop itu kan selalu dibawa dalam proses persidangan. Nah, kebetulan ini kan rumahnya di Jogja, disimpannya di rumah,” kata Ali menjelaskan. 

Tercatat rumah salah satu jaksa KPK berinisial FAN dibobol maling, berkas dokumen dan laptop miliknya pun raib.  Salah satu kasus yang tengah ditanganinya yakni kasus yang tengah berjalan di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri (PN) Yogyakarta.

 sinpo

Komentar: