Labersa Kaldera Resort Hotel Bintang Lima Pertama Dibangun di Danau Toba

Laporan: Sinpo
Jumat, 23 Desember 2022 | 03:56 WIB
Labersa Kaldera Resort (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)
Labersa Kaldera Resort (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)

SinPo.id -  Empat Menteri Kabinet Indonesia Maju meresmikan pembangunan Labersa Kaldera Resort yang berada di dalam lokasi The Kaldera, Toba, Sumatra Utara yang diharapkan bisa menjadi daya tarik wisata baru di wilayah itu.

Keempat menteri yang hadir dalam ground breaking yang dilaksanakan Rabu 21 Desember 2022 ini adalah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan; Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno; Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Bappenas Suharso Monoarfa; dan Menteri PAN-RB, Abdullah Azwar Anas.

Dalam kesempatan tersebut Menparekraf Sandiaga menyampaikan pembangunan hotel bintang lima pertama di kawasan destinasi super prioritas Danau Toba ini rencananya akan rampung pada Juli 2024.

Untuk itu, ia menyatakan Kemenparekraf akan membentuk tim kecil yang dipimpin oleh Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf/Baparekraf Vinsensius Jemadu untuk memantau kelancaran proses pembangunan Labersa Kaldera Resort.

"Kami akan membentuk tim kecil untuk memantau progress (pembangunan) ini, saya tunjuk langsung Pak Vinsen untuk memimpin langsung tim ini," kata Sandiaga.

Sandiaga berpesan agar pembangunan ini dilaksanakan sesuai dengan perencanaan yang baik dan jumlah tenaga kerja yang memadai. Sehingga, pembangunan resort ini bisa cepat rampung.

Selain itu, Sandiaga mengungkapkan kehadiran Labersa Kaldera Resort ini mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara ke kawasan Danau Toba serta membuka lapangan kerja seluas-luasnya bagi masyarakat sekitar. "Saya sangat yakin target penciptaan 4,4 juta lapangan kerja di tahun 2024 bisa tercapai," katanya.

Usai pelaksanaan ground breaking, Sandiaga dan rombongan kemudian menyempatkan diri melihat pemandangan kawasan Danau Toba dari lokasi pembangunan Labersa Kaldera Resort. Ia pun merasa kagum dengan keindahan pemandangan Danau Toba dari lokasi ini.

"Ini nantinya akan menjadi resort dan waterpark kelas dunia di Danau Toba," kata Sandiaga.

Selain Vinsensius, dalam ground breaking ini Sandiaga juga didampingi oleh Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf Ni Made Ayu Marthini; Direktur Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT), Jimmy Bernando Panjaitan; dan Direktur Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF), Shana Fathina. Turut hadir pula Bupati Toba, Poltak Sitorus; dan Pemilik Labersa Hotel Grup, H.W Hutahean.sinpo

Komentar: