Jelang Nataru, Polres Bogor Terapkan One Way Jalur Puncak

Laporan: Sigit Nuryadin
Kamis, 22 Desember 2022 | 17:47 WIB
Penerapan satu arah di Puncak, Bogor/ NTMC
Penerapan satu arah di Puncak, Bogor/ NTMC

SinPo.id - Jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023 Polres Bogor akan menerapkan buka-tutup jalur kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat untuk mengantisipasi potensi kemacetan.

Kasat Lantas Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata mengatakan, bahwa salah satu rekayasa lalu lintas yang akan dilakukan pada malam tahun baru adalah dengan melakukan buka-tutup jalur Puncak.

"Pengalihan mulai dari simpang Polingga kita tutup, tapi kita alihkan ke simpang Cianjur," ujar Dicky dalam keterangannya, Kamis, 22 Desember 2022.

Dicky menyebut, buka-tutup lalu lintas dilakukan pada dua sesi yakni pukul 22.00 WIB dan pukul 00.00 WIB, Minggu 1 Januari 2023.

Pada pukul 22.00 WIB, lanjut Dicky, dilaksanakan dengan pengaturan sistem satu arah (one way) ke Jakarta.

"Ditutup jam 22.00 WIB, kita laksanakan one way arah bawah. Jadi nanti jam 22.00 WIB kita dorong mobil itu sampai ke Taman Safari. Jadi dari Taman Safari ke bawah sudah one way, tidak ada mobil bisa naik. Jam 00.00 WIB dari Simpang Safari naik lagi ke atas," tuturnya.

Lebih lanjut, Dicky memprediksi, jika kemacetan di Puncak terjadi mulai Jumat, 23 Desember 2022. Oleh sebab itu, kata dia, pengamanan akhir pekan akan sama dengan malam Nataru. Namun, malam Nataru akan lebih diperketat karena volume kendaraan yang masuk lebih besar.

"Orang masuk tanggal 23 itu Jumat, bicara pengamanan Nataru sama seperti pengamanan weekend biasanya. Cuma diperketat saja, karena yang masuk lebih besar volumenya," kata Dicky menjelaskan.sinpo

Komentar: