Peningkatan Awan Kumulonimbus, BMKG Minta Pihak Penerbangan Waspada

Laporan: Sinpo
Rabu, 21 Desember 2022 | 09:58 WIB
Awan Kumulonimbus/ Pixabay
Awan Kumulonimbus/ Pixabay

SinPo.id - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberi peringatan dini cuaca khusus penerbangan selama libur Natal dan Tahun Baru 2023. Menurut BMKG, ada potensi peningkatan awan kumulonimbus sejak 21-27 Desember 2022, yang dapat mengganggu penerbangan.

Hal itu disampaikan Ketua BMKG Dwikorita Karnawati dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 21 Desember 2022.

“Untuk penerbangan juga potensi awan kumulonimbus terdeteksi di wilayah udara Indonesia. Terkait dengan jalur penerbangan dengan persentase cakupan spasial lebih dari 75 persen atau kategori frekuen,” ujar Dwikorita.

Peningkatan awan kumulonimbus, kata Dwikorita, harus diwaspadai pihak penerbangan. Apalagi peningkatan awan ini terjadi di sejumlah wilayah Indonesia.

“Peningkatan ada di wilayah Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi Selatan,” katanya.

Kata Dwikorita, BMKG merekomendasikan kepada pihak-pihak terkait untuk melakukan persiapan dan mitigasi. Terlebih adanya cuaca ekstrem yang melanda Indonesia akhir-akhir ini.

“Antara lain pastikan kapasitas infrastruktur dan sistem tata kelola sumber daya air siap untuk mengantisipasi peningkatan curah hujan hingga mencapai sangat lebat bahkan kemungkinan ekstrem,” pungkasnya.sinpo

Komentar: