Korlantas diminta Deteksi Dini Titik Kepadatan Lalu Lintas

Laporan: Juven Martua Sitompul
Senin, 19 Desember 2022 | 19:29 WIB
Ilustrasi lalu lintas (SinPo.id/Pixabay.com)
Ilustrasi lalu lintas (SinPo.id/Pixabay.com)

SinPo.id -  Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri diminta deteksi titik kepadatan lalu lintas jelang natal dan tahun baru (Nataru) 2023. Sejumlah titik itu di antaranya jalan menuju destinasi wisata, exit tol dan penyeberangan antarprovinsi.

"Jangan sampai ada antrian panjang dan memakan waktu lama. Antrian kerap membuat pengemudi merasa lelah dan menyebabkan hilangnya konsentrasi," kata Anggota Komisi III DPR RI Andi Rio Idris Padjalangi, Senin, 19 Desember 2022.

Andi berharap penyelenggaraan Nataru dapat diantisipasi sehingga, tingkat kecelakaan lalu lintas pun menurun. Korlantas Polri harus melihat secara detail kekurangan apa yang harus diperbaiki dari arus mudik lebaran 2022 sehingga pelaksanaan penyelenggaraan natal dan tahun baru berjalan lancar dan sesuai harapan.

Selain kepadatan lalu lintas, kepolisian diharap berkonsentrasi pula terhadap penjagaan dan pengamanan ketertiban masyarakat pada Nataru.

"Kepolisian juga harus memperhatikan tingkat kejahatan yang kerap terjadi pada saat natal dan pergantian tahun, seperti pencurian rumah, ancaman terorisme dan hipnotis kepada penumpang yang menggunakan jasa transportasi umum baik darat, laut dan udara," kata Andi menegaskan.

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyatakan telah mengerahkan 166 ribu personil untuk mengamankan Nataru dalam Operasi Lilin 2022.  "Nanti akan diturunkan untuk melaksanakan kegiatan pengamanan," kata Listyo beberapa waktu lalu.

Dia memastikan kelancaran arus lalu lintas pada libur Nataru telah diantisipasi dengan menyiapkan formula khusus, seperti sistem satu arah maupun lawan arah.sinpo

Komentar: