Jokowi ke Bawaslu: Petakan Potensi Masalah Pemilu, Jangan Sampai Pontang-panting

Laporan: Sinpo
Sabtu, 17 Desember 2022 | 23:34 WIB
Presiden Joko Widodo/ BPMI Setpres
Presiden Joko Widodo/ BPMI Setpres

SinPo.id - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta agar Bawaslu memetakan segera potensi masalah dan berbagai kemungkinan terjadinya pelanggaran. Pemetaan potensi masalah jangan hanya dilakukan Bawaslu pusat, melainkan juga hingga ke daerah. 

“Harus dipetakan, pusat memetakan, provinsi memetakan, Bawaslu di kabupaten/kota memetakan, Bawaslu di kecamatan memetakan, semuanya akan lebih memudahkan. Perhatikan satu per satu setiap kemungkinan, jangan sampai ada yang terlewat," ujar Jokowi seperti dikutip dari Setkab, Sabtu, 17 Desember 2022.

Bawaslu, pinta Jokowi, juga harus melakukan perencanaan antisipasi masalah yang matang. Yang paling penting, Bawaslu harus siapkan langkah antisipasi dan mitigasi potensi masalah terkait kepemiluan

"Jangan sampai ada kejadian kita baru pontang-panting,” tegasnya.

Jokowi kembali menegaskan, agar Bawaslu fokus pada upaya-upaya pencegahan. Bawaslu jangan hanya bekerja saat terjadi pelanggaran, serta pasif menunggu pengaduan.

"Bawaslu harus sejak dini mencegah terjadinya gesekan yang bisa menimbulkan benturan-benturan. Gesekan sekecil apapun segera selesaikan saat itu juga, jangan tunggu membesar,” ucap dia.
 sinpo

Komentar: