Dua Partai Non Parlemen Gelar Aksi di Depan Kantor KPU RI

Laporan: Khaerul Anam
Rabu, 14 Desember 2022 | 15:31 WIB
Masa aksi saat berdemonstrasi di deapan kantor KPU RI (SinPo.id/Khaerul Anam)
Masa aksi saat berdemonstrasi di deapan kantor KPU RI (SinPo.id/Khaerul Anam)

SinPo.id -  Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) dan Partai Buruh menggelar aksi didepan gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Jakarta, Rabu, 14 Desember 2022. Masa aksi dari kedua partai yang berjumlah ratusan orang itu mulai memadati depan gedung KPU jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat pada pukul 12.00 WIB.

Pantauan Sinpo.id di lokasi, masa dari partai Buruh kompak memakai atribut kaos berwarna oranye dan membawa bendera beserta mobil komando. Sementara itu masa dari partai Prima juga memakai atribut mereka dengan memakai kaos berwarna biru beserta mobil komando.

Kedua masa terpisah dengan warna kaos mereka yang terlihat begitu kontras. Masa buruh datang dengan didominasi masa laki-laki. Sementara partai Prima terlihat lebih majemuk dengan masa dari laki-laki dan wanita. Diketahui keduanya datang dengan tujuan berbeda.

Partai Prima yang tidak dinyatakan lolos sebagai peserta Pemilu 2024 meminta agar bisa bertemu dengan perwakilan dari Pimpinan KPU untuk melakukan audiensi.

Sempat terjadi aksi dorong-dorongan antara masa partai Prima dengan aparat kepolisian yang berjaga. Masa partai Prima memaksa merangsek masuk kedalam gedung dengan mendorong gerbang besi KPU.

Namun situasi dapat dikendalikan oleh aparat kepolisian yang berjaga dari luar dan pengamanan dalam (Pamdal) KPU yang berjaga dari dalam.

Sementara itu, masa partai Buruh datang berkumpul di depan gedung KPU untuk merayakan kelolosannya sebagai partai peserta Pemilu 2024.

Masa aksi asik berjoget didepan gedung KPU dengan diiringi lagu dangdut dan lagu semangat perjuangan buruh. Masa aksi dari partai Buruh terlihat lebih kondusif dengan hanya pengamanan beberapa petugas kepolisian saja.

Buntut dari aksi yang digelar keduanya menyebabkan arus lalu lintas di depan kantor KPU RI ditutup. Pihak kepolisian menutup akses jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat menuju Bunderan Hotel Indonesia.

Begitupun sebaliknya, arus lalu lintas dari arah Bundaran HI menuju jalan Imam Bonjol juga telah ditutup petugas kepolisian. Untuk sementara lalulintas yang melewati jalan Imam Bonjol dialihkan ke jalan HOS Tjokroaminoto, Jakarta Pusat. sinpo

Komentar: