Bupati Meranti M. Adil Sebut Kemenkeu Iblis dan Setan

Laporan: Sinpo
Selasa, 13 Desember 2022 | 03:00 WIB
Bupati Meranti M Adil (Tangkapan Layar Instagram @muhammad_adil_riau)
Bupati Meranti M Adil (Tangkapan Layar Instagram @muhammad_adil_riau)

SinPo.id -  Bupati Meranti M Adil meminta pemerintah pusat menghentikan pengeboran minyak di wilayahnya. Ini sebagai bentuk protes pembagian dana bagi hasil (DBH) tersebut.

Pernyataan itu disampaikan kepada Dirjen Perimbangan Keuangan Daerah Kementerian Keuangan Luky Affirman saat Rapat Koordinasi Nasional Pengelolaan Pendapatan dan Belanja Daerah se-Indonesia pada Kamis 8 Desember 2022 lalu. Dia 
sempat mengatakan Kementerian Keuangan berisi setan atau iblis. 

Berikut pernyataan lengkapnya:

Saya tadi memprotes sedikit pidato Pak Gubernur bahwa ada penurunan Dana Bagi Hasil (DBH) di Provinsi Riau. Mungkin secara umum ada, tapi di daerah saya DBH-nya bukan malah menurun.

Minyak kami malah tambah banyak, bahkan hampir 8.000 barel per hari. Saya sudah melakukan berulang kali, sampai 3 kali menyurati Bu Menteri Keuangan untuk audiensi. Tapi alasannya Kementerian Keuangan mintanya malah online, online, online.

Kalau dituntut pendapatannya bertambah, untuk kami sudah bertambah cukup besar. Kami ngadu ke Kemendagri kok bisa offline. Terima kasih ke Pak Mendagri karena menerima kami.

Tapi kalau di Kemenkeu susahnya tidak ketulungan. Saya di 2022 dapat dana bagi hasil Rp114 miliar.

FOTO: Perjuangan Tanpa Lelah Nasabah Bumiputera Berharap Dana Kembali
slide 1 of 6

slide 1 to 5 of 6


Waktu itu hitungannya US$60 per barel di perencanaan pembahasan APBD 2022. Tahun 2023, pembahasan APBD kami dapat... Mengikuti nota pidato Pak Presiden Agustus lalu, 1 barel USS100 .

Kemarin waktu lewat zoom dengan Kemenkeu, (mereka) tidak bisa menyampaikan dengan terang. Setelah didesak-des k baru menyampaikan dengan terang soal US$100 ribu per barel

Sampai ke Bandung saya kejar orang Kemenkeu juga tidak dihadiri yang kompeten. Yang hadir waktu itu staf tidak tahu lah. Sampai waktu itu saya ngomong, 'Ini orang keuangan isinya setan atau iblis'. Hari ini saya kejar bapak saya mau tahu kejelasannya apakah penyusunan APBD 2023 pakai asumsi US$60, US$80 seperti yang bapak sampaikan atau US$100 seperti di pidato bapak Jokowi.

Yang benar mana. Ini ada 3 saya cermati tadi. Perlu diketahui, minyak di Meranti naik besar sekali. Minyak tahun ini 13 sumur dibor, untuk 2023 tambahannya 19 sumur. Berarti Meranti targetnya 2023, 9.000 barel per hari.

Jadi kalau seandainya kami naik, tapi penghasilannya besar turun, saya mengharap bapak keluarkan surat penghentian pengeboran minyak di Meranti. Jangan diambil lagi minyak di Meranti. Tidak apa-apa, kami masih bisa makan daripada uang kami dihisap.

Pak Luky perlu Anda ketahui, kami  di Riau 25,68 persen masyarakatnya miskin plus ekstrim. Yang termiskin terbanyak di Riau itu ada di Meranti. Tapi kok teganya minyak, duit kami tidak diberikan.

Lihat Juga :
Mengenal DBH, Dana yang Buat Bupati Meranti Tuduh Kemenkeu Isi Iblis
Bagaimana cara perhitungannya ya tidak pas. Hampir 8.000 barel per hari. Mulai bulan 6 semenjak konflik Rusia-Ukraina, harga minyak naik tapi kok DBH turun.

Untuk bapak ketahui. Kami tahun ini hanya menerima Rp115 miliar, naik hanya Rp700 juta saja. Liftingnya naik, asumsi US$100 barel. Tapi naiknya kok Rp700 juta. Jadi selanjutnya DAU tahun ini 2022, gaji Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja Meranti seharusnya tanggung jawab pusat tapi jadi tanggung jawab kabupaten. Itu hebatnya. Ini perlu diselidiki.

Saya kemarin dipanggil ketemu Pak Tuto Karnavian (Menteri Dalam Negeri) minta petunjuk selaku pembina saya. Saya mau gugat Pak Jokowi. Daerah miskin, penghasil minyak.

Kami hasilkan minyak dari 1973. Minyak kami ada 222 sumur sekarang, tambahan 13 plus besok 2023 ada 19.

Bapak mau tahu. Saya tambahkan informasi. Ada 103 sumur minyak di Meranti sudah kering diambil pemerintah pusat, tidak tahu saya dipakai untuk mana. Sekarang tinggal beberapa lagi kira- kira. 

Regent Meranti M Adil


Did you mean Bupati Meranti H Adilsinpo

Komentar: