Tech Summit 2022, Akselerasi 2 Juta Tenaga IT Profesional di 2025

Laporan: Sinpo
Selasa, 13 Desember 2022 | 02:14 WIB
Practicum menggelar Tech Summit 2022
Practicum menggelar Tech Summit 2022

SinPo.id -  Pertumbuhan Ekonomi Digital di Indonesia melesat dan membutuhkan 17 juta tenaga kerja terampil digital siap pakai hingga tahun 2030, dan kita masih ketinggalan jauh untuk dapat memenuhi jumlah permintaan sebanyak 600.000 tenaga kerja setiap tahunnya hingga 2030. Jumlah tersebut diperkirakan akan terus meningkat sebanyak 21,4% menjadi 1,49 juta orang pada tahun 2023. Sedangkan, kebutuhan tenaga kerja di sektor Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) diproyeksikan menjadi 1,74 juta orang pada tahun 2024. 

Namun, jumlah talenta TIK di tanah air masih jauh dari permintaan baik dari segi kualitas maupun segi kuantitas. Pada tahun 2020, Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memperkirakan hanya ada 430.000 lulusan TIK di Indonesia. Oleh karena itu, sebagai penyelenggara, kami percaya bahwa perlunya dilakukan berbagai inisiatif dan kerjasama dari berbagai pihak untuk menghasilkan lebih banyak pekerja IT yang memiliki kemampuan yang sama dengan pekerja IT dari negara lain.

Berdasarkan hal tersebut, Practicum menggelar Tech Summit 2022 untuk berdiskusi mengenai berbagai topik seputar transformasi digital, digitalisasi di Indonesia hingga penerapannya untuk menghasilkan 2 juta tenaga kerja IT Indonesia agar kedepannya dapat memajukan pengembangan revolusi digital di Indonesia.

“Inisiasi yang dilakukan pada hari ini sejalan dengan upaya Indonesia dalam pemulihan ekonomi, kemajuan teknologi, peningkatan daya saing digital, serta mencapai visi SDM Indonesia cakap teknologi di tahun 2025, Indonesia memerlukan setidaknya 2 juta tenaga profesional digital siap kerja. Untuk mewujudkan Indonesia Emas, Kami percaya bahwa semua pihak, termasuk Practicum Indonesia harus bekerja sama, berkolaborasi, dan saling mendukung dalam pengembangan dan pembangunan tenaga profesional digital yang dibutuhkan Indonesia untuk mencapai Indonesia Emas,” tutup Herdian Mohammad, Southeast Asia Director Practicumsinpo

Komentar: