Diklat Integrasi, Pj Gubernur, Kapolda Metro hingga Pangdam Jaya Pimpin Upacara

Laporan: Zikri Maulana
Senin, 12 Desember 2022 | 16:26 WIB
Pembukaan diklat integrasi TNI-Polri/ SinPo.id/ Zikri Maulana
Pembukaan diklat integrasi TNI-Polri/ SinPo.id/ Zikri Maulana

SinPo.id - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Panglima Kodam Jaya Mayor Jenderal Untung Budiharto, dan Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya Inspektur Jenderal Fadil Imran menghadiri diklat Integrasi Kampus Kebangsaan Siswa Dikmaba TNI AD dan Siswa Diktukba Polri Tahun 2022.

Ketiganya bertindak sebagai inspektur upacara pembukaan diklat bersama, yang digelar di Lapangan Rindam Jaya, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Senin 12 Desember 2022. 

"Diklat Integrasi Kampus Kebangsaan Siswa Dikmaba TNI AD dan Siswa Diktukba Polri Tahun 2022 dengan resmi saya nyatakan dibuka," kata Untung dalam sambutannya di lokasi. 

Sementara itu, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran menyampaikan, dasar kegiatan ini merupakan tindak lanjut kebijakan Panglima TNI dan Kapolri, yang dituangkan dalam naskah kerja sama pendidikan dan pelatihan integrasi semua jenis dan jenjang pendidikan TNI-Polri. 

"Kegiatan yang digelar lima hari ini dilaksanakan di 13 satdik Polri, 11 satdik TNI AD, 1 satdik TNI AL, dengan jumlah peserta didik sebanyak 7.306 orang," kata Fadil dalam amanat upacaranya, dilokasi. 

Ia juga memerinci, agenda yang diikuti oleh ribuan personel TNI-Polri ini terdiri dari, Polri sebanyak 4.346 laki-laki dan 503 wanita. Kemudian dari TNI AD sebanyak 1.452 laki-laki dan 170 wanita. Semantara dari TNI AL sebanyak 765 laki-laki dan 50 wanita dan dari TNI AU sebanyak 20 wanita. 

"Materi yang diberikan pada diklat integrasi ini yakni, pengenalan doktrin satuan TNI-Polri, pengenalan matra TNI dan tugas pokok Polri, perbantuan TNI kepada Polri, dan kolaborasi dalam pelaksanaan tugas dan kelima membangun soliditas TNI-Polri," katanya. 

Kemudian setelah upacara selesai, acara dilanjut dengan penampilan sejumlah keterampilan dari anggota TNI-Polri, sepert bongkar dua jenis senjata TNI-Polri, keterampilan beladiri, dan keterampilan lainnya. 

BERITALAINNYA
BERITATERKINI