Dewan Pers SinPo

Pindahkan Uang dari Rekening Brigadir J, Hakim Sebut Ricky Rizal Pencuri

Laporan: Sigit Nuryadin
Senin, 05 Desember 2022 | 19:10 WIB
Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J/ Istimewa
Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J/ Istimewa

SinPo.id - Majelis hakim menyebut terdakwa pembunuhan berencana Brigadir J, Ricky Rizal alias Bripka RR, sebagai pencuri karena mengaku memindahkan uang Rp 200 juta dari rekening Yosua ke rekeningnya setelah dibunuh. 

Namun Ricky mengatakan uang itu merupakan uang operasional keluaga Ferdy Sambo yang dipegang oleh Yosua. Ricky mengaku memindahkan uang menggunakan mobile banking dari handphone almarhum Yosua.

Ketua Majelis Hakim Wahyu Iman Santosa pun dengan mempertanyakan tindakan Ricky yang mengambil uang dari Yosua setelah kematiannya.

“Saudara ini sudah disuruh membunuh, masih disuruh mencuri pun masih saudara lakukan,” ujar Wahyu saat sidang pemeriksaan saksi dengan terdakwa Kuat Ma’ruf di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin, 5 Desember 2022.

Tetapi, Ricky membantah dirinya terlibat dalam pembunuhan Yosua. Menurut dia, dirinya tidak terlibat secara langsung.

Ricky juga membantah mencuri karena uang di rekening Yosua yang merupakan uang Putri Candrawathi untuk operasional rumah tangga di Jakarta. Ricky Rizal memindahkan uang dari rekening Yosua pada 11 Juli 2022.

“Siap. Saya tidak disuruh membunuh Yang Mulia,” kata Ricky.

“Ya kan tadi disuruh membunuh tapi saudara tidak mau kan. Benar kan? Sekarang disuruh mencuri mau,” kata hakim.

“Siap. Saya tahu kalau itu uangnya Ibu juga yang mulia,” jawab Ricky. 

“Kan tadi di awal saya sudah tanya kenapa sih, buat pakai nama mereka. Saudara ini polisi kan, simple kan. Rekening atas mama Yosua, rekening atas nama saudara. Kalau sekarang gantian bahwa itu duit siapa kan gak penting, siapa yang punya rekening bahwa merasa duitnya kan gitu? Bener gak?” cecar Hakim. 

“Siap Yang Mulia,” jawab Ricky. 

“Kalau saudara dibalik, saudara yang dibunuh terus uang saudara diambil coba, bayangkan. Saudara disuruh ambil duit seperti itu Rp200 juta, saudara pindahkan alasannya uang operasional, tahu pemiliknya sudah mati. Benar enggak?” tanya hakim ke Ricky dengan nada tinggi.

“Siap Yang Mulia,” tanggap Ricky.

“Saudara lakukan juga kan?” tanya lagi hakim.

“Ya itu tadi Yang Mulia karena mohon izin karena saya tahu uang milik Bapak dan Ibu untuk operasional,” kata Ricky.

“Makanya saudara memindahkan itu apa bukan berarti mencuri? Kan rekening atas nama siapa?” tanya hakim ketua.

“Atas nama Yosua,” kata Ricky.

Hari ini Ricky Rizal Wibowo dihadirkan jaksa penuntut umum sebagai saksi dengan terdakwa Kuat Ma’ruf. 

Dalam surat dakwaannya, JPU menuduh Ricky mengetahui dan membantu Ferdy Sambo dalam pembunuhan Yosua di rumah dinasnya pada 8 Juli lalu. Ferdy Sambo disebut marah setelah mendengar keterangan sepihak dari istrinya, Putri Candrawathi yang mengaku dilecehkan Yosua di Magelang pada 7 Juli 2022. Ia pun lantas memanggil ajudannya Ricky Rizal menggunakan handie talkie (HT) ke lantai tiga. sinpo

Komentar:
BONGKAR
Aplikasi Sinpo
POJOK SINPO
Koran Sin Po edisi 14 Januari 1939 menulis berita “Super Microscoop”. Laporan tekhnologi itu menyebutkan laboratorium Jtlectron-Optisch dari Siemens & Halske di Duitschland telah telah mengumumkan satu temuan tekhnologi yang mampu melihah micro-organisme dan benda micro-inorganisch yang disebut alat super-microscoop.
- Koran Sin Po
BERITATERPOPULER