Festival Dayung Ciliwung, Upaya Pemprov DKI Pelihara Sungai

Laporan: Zikri Maulana
Minggu, 04 Desember 2022 | 18:09 WIB
Festival dayung Ciliwung DKI/PPID DKI
Festival dayung Ciliwung DKI/PPID DKI

SinPo.id -  Pemprov DKI Jakarta mendukung kegiatan Festival Dayung Ciliwung 2022, yang digagas Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI) yang diselenggarakan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap olahraga dayung. 

Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, selain untuk mempopulerkan olahraga dayung, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Jakarta dalam menjaga dan memelihara sungai, khususnya Sungai Ciliwung. 

"Saya berharap, melalui Festival Dayung di Sungai Ciliwung dapat menyadarkan masyarakat untuk menjaga kebersihan sungai. Sungai yang bersih dapat dimanfaatkan untuk banyak kepentingan masyarakat, termasuk di dalamnya sebagai sarana olahraga dan wisata air," kata Heru dalam keterangannya, Minggu 4 Desember 2022. 

Selain itu, Heru juga mengimbau masyarakat agar senantiasa menjaga kebersihan sungai dan tidak membuang sampah sembarang ke dalam sungai. 

"Di sini yang terpenting, saya imbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai. Sungai Ciliwung adalah aset milik kita, harus dijaga," kata Heru. 

Lebih lanjut, Heru menyambut baik atas dipilihnya Sungai Ciliwung sebagai tempat untuk mempopulerkan cabang olahraga dayung. Menurutnya, Sungai Ciliwung telah menjadi saksi sejarah berkembangnya Kota Jakarta, sumber air baku warga Jakarta. Sehingga keberadaannya harus dipelihara dengan baik dan dapat juga dikelola sebagai upaya pengendalian banjir di Kota Jakarta. 

Heru juga turut mengapresiasi PB PODSI yang telah menginisiasi kegiatan Festival Dayung Ciliwung 2022 ini dalam rangka mempublikasikan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Cabang Olahraga Dayung Tahun 2022 di Situ Cipule Karawang, Jawa Barat yang akan diselenggarakan pada tanggal 8-20 Desember 2022 mendatang. 

sinpo

Komentar: