Dukung Industri Kopi, Pemprov DKI Gelar Jakarta Barista League 2022

Laporan: Zikri Maulana
Minggu, 04 Desember 2022 | 19:06 WIB
Jakarta Barista League/PPID DKI
Jakarta Barista League/PPID DKI

SinPo.id -  Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta menggelar festival dan kompetisi barista yang bertajuk Jakarta Barista League 2022 pada Sabtu 3 Desember hingga Minggu 4 Desember 2022 di Urban Forest, Jakarta Selatan. 

Kepala Disparekraf DKI Jakarta, Andhika Permata mengatakan kegiatan ini mewadahi kolaborasi dari para pegiat kopi nusantara yang ditujukan untuk meningkatkan kompetensi dan memacu kreativitas barista di tanah air, serta mengangkat sosok barista sebagai salah satu profesi penggerak sektor ekonomi kreatif. 

“Perkembangan industri kopi tanah air tentu tak lepas dari kerja keras para barista dalam mengembangkan terobosan dan inovasi. Semoga acara ini dapat terus dilanjutkan, dan membawa nama harum barista Indonesia di mata dunia,” ujar Andhika dalam keterangannya, Minggu 4 Desember 2022. 

Andhika menuturkan, kian maraknya tren menikmati kopi sebagai salah satu gaya hidup, serta kedai kopi yang menjadi lokasi pertemuan para anak muda masa kini, menjadikan profesi barista atau peracik minuman berbasis kopi semakin digemari. 

Andhika mengungkapkan, profesi ini juga semakin dibutuhkan seiring dengan lahirnya varian speciality coffee atau istilah pada biji kopi bercita rasa khusus yang dihasilkan di wilayah perkebunan di Indonesia. 

“Ajang kompetensi barista, menjadi salah satu pendorong peningkatan kompetensi tersebut, sehingga para barista semakin termotivasi untuk mengasah kemampuan dan mengembangkan kreasi khususnya dalam meracik dan menyajikan minuman berbahan dasar kopi,” kata Andhika. 
sinpo

Komentar: